Kabar Mekar

Menyambut Hari Besar di Tahun yang Besar

Umat Muslim di Indonesia dan di seluruh dunia hari ini merayakan Hari Raya Idul Fitri, sebuah hari untuk saling memaafkan dan berbagi kasih sayang dan kebahagiaan dengan sesama. Hari Idul Fitri juga adalah hari untuk mengingat kembali perbuatan-perbuatan baik apa saja yang telah kita lakukan sepanjang tahun ini.

Dan pada hari yang berbahagia ini, Mekar juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk melihat kembali hal-hal yang telah kita capai bersama di Mekar selama setengah tahun yang telah lalu.

Tahun 2018 telah menjadi tahun yang besar bagi Mekar. Kami menyaksikan pertumbuhan yang sangat signifikan pada nilai pinjaman yang tersalurkan melalui Mekar dan pada jumlah usaha mikro yang telah Anda dukung.

Dalam waktu kurang dari enam bulan, funder di Mekar telah mendanai lebih dari 17.900 pinjaman untuk usaha mikro di seluruh Indonesia yang mayoritasnya dijalankan oleh perempuan pelaku usaha. Secara total, tahun ini Mekar telah menyalurkan lebih dari Rp 43 miliar dalam bentuk pinjaman, naik 2.200% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Portofolio Mekar tumbuh sangat tinggi tahun ini karena makin tingginya minat masyarakat akan investasi pinjaman peer-to-peer yang berdampak sosial dan memberikan rasa aman dalam berinvestasi. Sejak Januari tahun ini, Mekar telah menyambut sekitar 1.500 funder baru yang memiliki semangat yang sama besarnya dengan kami dalam usaha mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia.

Tahun 2018 ini saja, para funder di Mekar telah berkontribusi dalam pertumbuhan usaha mikro di 68 kabupaten/kota, dari Banda Aceh di ujung barat Sumatera sampai ke kota Soe yang indah dan tenang di provinsi Nusa Tenggara Timur di pulau Timor. Usaha-usaha mikro yang telah terdanai di Mekar tahun ini berlokasi di 10 provinsi di Indonesia, dengan lima di antaranya berada di luar pulau Jawa.

Dalam satu setengah tahun sejak Mekar pertama kali menjalankan platform investasi online Mekar.id, 100% funder di Mekar telah menerima pembayaran kembali dari pinjaman yang telah mereka danai.

Kami bangga dengan pencapaian ini, namun kami jauh lebih bangga akan para funder kami dan komitmen mereka yang begitu besar untuk berperan dalam menjadikan Indonesia sebuah bangsa yang lebih baik. Pencapaian-pencapaian tersebut juga menjadi sebuah pengingat bagi kami semua di Mekar bahwa masih ada begitu banyak hal yang ingin kami raih, begitu banyak usaha mikro Indonesia yang kami ingin bantu tumbuhkan, jutaan lagi perempuan pelaku usaha yang ingin kami dukung agar berdikari, dan banyak lagi peluang investasi berdampak besar yang ingin kami tawarkan bagi para funder kami.