Kabar Mekar

Mendanai Usaha Perempuan: Mengenal Lebih Dekat Lending Partner Mekar, Komida

Minggu ini, Mekar mulai bekerjasama dengan Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) dalam menghubungkan pemberi pinjaman dengan usaha-usaha kecil di seluruh Indonesia secara online. Mari kita mengenal lebih jauh tentang Komida, salah satu organisasi pembiayaan mikro terbesar di Indonesia yang kini menjadi lending partner (Mitra Pemberi Pinjaman) di Mekar.

Didirikan di tahun 2004 oleh Yayasan Mitra Dhuafa, Komida adalah sebuah koperasi simpan pinjam yang fokus utamanya membantu pengusaha wanita di pelosok daerah. Inilah kenapa portofolio pinjaman Komida sepertiganya adalah di sektor pertanian. Organisasi ini juga menyediakan pinjaman pendidikan dan tabungan bagi kalangan yang tidak memiliki akses ke bank. Komida mengadopsi konsep Grameen Bank, dengan fokus utama pada pemberdayaan masyarakat miskin dengan cara membangun rasa percaya diri mereka dan memberikan keterampilan kewirausahaan.

Di tahun 2005, Komida mulai mendanai usaha-usaha kecil yang dimiliki oleh perempuan di provinsi Aceh yang terkena dampak gempa dan tsunami yang menghancurkan daerah tersebut di akhir tahun 2004. Komida membantu perempuan-perempuan tersebut, yang kesemuanya tidak memiliki akses pada pinjaman bank konvensional, menjadi berdikari dan mampu mengembangkan bisnisnya. Visi Komida ini sangat menggugah kami di Mekar, karena kami juga memiliki tujuan yang serupa, yaitu pertumbuhan dan penguatan usaha-usaha kecil melalui platform pinjaman online kami.

Sebagai lending partner di Mekar, Komida menseleksi peminjam perempuan untuk masuk ke dalam katalog UKM yang terdaftar di Mekar.id, juga bertanggungjawab menagih pinjaman dari peminjam dan membayar kembali para investor. Komida juga memberikan jaminan perlindungan atas jumlah pokok pinjaman yang dikucurkan oleh pemberi pinjaman. Komida memiliki repayment rate (Tingkat Pembayaran Kembali) yang sangat tinggi, lebih dari 99% peminjam mengembalikan pinjaman mereka secara tepat waktu, dan sangat jarang ditemui kasus gagal bayar.

Tidak seperti kebanyakan institusi pembiayaan lain, Komida hanya memberikan pinjaman bagi peminjam perempuan. Komida percaya bahwa perempuan memiliki potensi nyata untuk meningkatkan penghasilan keluarganya dan menggerakkan ekonomi lokal. Sebagai sebuah kooperasi, Komida mengembalikan keuntungan yang didapat dari bunga pinjaman kepada anggotanya. Setiap peminjam di Komida harus menjadi anggota koperasi. Mereka lalu bisa membuka rekening tabungan di Komida dan mendapatkan sedikit bunga atas saldo tabungan. Ada dua koperasi besar lain yang juga berkecimpung di bidang ini, yaitu KUM (Koperasi Usaha Mandiri) dan MBK Ventura. Seperti Komida, keduanya juga hanya memberikan pinjaman bagi peminjam perempuan dan memiliki repayment rate yang sangat tinggi, lebih dari 98%. Perempuan pada umumnya memang peminjam yang lebih baik dibandingkan laki-laki.

Mekar sangat bangga bisa bekerjasama dengan Komida karena Komida memiliki komitmen dalam memberdayakan perempuan-perempuan termiskin. Koperasi ini juga selalu mengutamakan untuk menggapai masyarakat di pelosok-pelosok daerah yang selalu mengalami kesulitan dalam mendapatkan pinjaman mikro.

Komida beroperasi sebagian besar di daerah Jawa, Aceh dan Sulawesi. Saat ini, Komida memiliki 153 kantor cabang dan portofolio pinjaman sebesar Rp. 475 milliar yang dipinjamkan kepada sekitar 370.000 peminjam. Satu hal yang pasti, Komida telah mengubah hidup begitu banyak orang, dan kini Mekar telah menggandeng Komida untuk lebih banyak lagi mengubah hidup masyarakat Indonesia.

Anda juga dapat ambil bagian mewujudkan mimpi ini. Klik di sini untuk menjadi pemberi pinjaman di Mekar.