Kabar Mekar

MEKAR Sosialisasikan Layanan P2P Lending Berdampak Sosial pada Gelaran OJK Fintech Days Samarinda 2019

Perusahaan financial technology (fintech) terkemuka PT Mekar Investama Sampoerna (MEKAR) berpartisipasi dalam gelaran OJK Fintech Days Samarinda 2019 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI) di Big Mall Samarinda, Kalimantan Timur, pada 3-4 September 2019.

Sejak diadakan untuk pertama kalinya di tahun 2017, Fintech Days telah menjadi ajang sosialisasi dan edukasi mengenai layanan perusahaan fintech di sektor peer to peer lending yang telah terdaftar di OJK. Upaya mengenalkan produk dan layanan P2P lending pada masyarakat umum dibutuhkan sebagai bagian dari usaha bersama antara pemerintah, regulator dan pelaku industri dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Sebagai salah satu penyedia layanan P2P lending terdepan di tanah air, MEKAR mendukung penuh acara OJK Fintech Days Samarinda 2019. Chief Executive Officer MEKAR, Pandu Aditya Kristy, mengatakan MEKAR membawa misi edukasi ke perhelatan tersebut.

“Sudah saatnya masyarakat di Kalimantan Timur dan juga di daerah-daerah lainnya di Indonesia mengenal lebih dekat mengenai layanan P2P lending dan berbagai manfaatnya. MEKAR hadir pada acara Fintech Days Samarinda 2019 ini untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat Samarinda dan Kalimantan Timur untuk bergabung bersama MEKAR dalam menciptakan dampak sosial yang benar-benar berarti dengan cara mendanai pelaku UMKM di seluruh Indonesia,” tambah Pandu.

Terdaftar sejak Maret 2018

MEKAR adalah platform P2P terkemuka di tanah air yang menghubungkan orang-orang yang memiliki dana dan ingin menumbuhkan uang mereka dengan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang membutuhkan pembiayaan usaha. Platform MEKAR, https://mekar.id, mendapatkan tanda terdaftar dari Otoritas Jasa Keuangan pada bulan Maret 2018.

Hingga Agustus 2019, MEKAR telah memfasilitasi pembiayaan lebih dari 56.500 pinjaman usaha untuk pelaku UMKM yang tersebar di 112 kota dan kabupaten di 13 provinsi di Indonesia. MEKAR juga telah menggandeng tujuh lembaga keuangan mikro yang beroperasi di berbagai daerah di Indonesia yang membantu MEKAR dalam mencari peminjam dan menyalurkan pinjaman.

Hingga saat ini, MEKAR berhasil menjaga tingkat keberhasilan pembayaran pinjaman kepada lender di angka 100%. Prestasi ini dapat dicapai berkat berbagai strategi mitigasi risiko yang dijalankan MEKAR, salah satunya yaitu dengan mewajibkan mitra MEKAR menjamin pengembalian pokok pendanaan.

Fintech Days Samarinda 2019 diisi dengan berbagai program acara, termasuk konferensi pers dan keynote speech oleh Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech (DP3F) OJK, Hendrikus Passagi. Selain itu,  diadakan juga berbagai talkshow dengan topik menarik, di antaranya “The Rise of Fintech” dan “The Fintech Impact”.

CEO MEKAR, Pandu Aditya Kristy (paling kanan), berbicara dalam diskusi “Bangkitnya Fintech di Indonesia”, Selasa (03/09/2019). Diskusi ini merupakan salah satu program acara di perhelatan OJK Fintech Days Samarinda 2019.

 

Tentang MEKAR
MEKAR (PT Mekar Investama Sampoerna) adalah perusahaan fintech yang bergerak di sektor peer-to-peer lending. Menggunakan sebuah platform online, https://mekar.id, MEKAR menghubungkan wirausahawan dan pemilik usaha kecil (UMKM) di Indonesia yang membutuhkan pembiayaan dengan lender/pemberi pinjaman yang ingin menumbuhkan uang mereka secara aman sambil menciptakan dampak positif secara sosial ekonomi dan lingkungan. MEKAR memiliki misi meningkatkan inklusi finansial bagi para pelaku UMKM Indonesia.

Informasi lebih lanjut, hubungi:
Annisa Fauzia
Marketing and Communications Specialist
PT Mekar Investama Sampoerna
Annisa.Fauzia@mekar.id