Kabar Mekar

MEKAR Raih Penghargaan Platform P2P Terbaik di Indonesia

MEKAR, platform online untuk pendanaan pinjaman UMKM Indonesia, berhasil meraih penghargaan The Best P2P Platform in Indonesia dari Global Wealth and Society Awards 2019.

Penganugerahan penghargaan diselenggarakan kemarin, 22 Agustus 2019, bertempat di JW Marriott Hotel, Jakarta. CEO MEKAR Pandu Aditya Kristy turut hadir untuk menerima penghargaan berskala internasional itu.

Co-founder MEKAR, Thierry Sanders, mengatakan pihaknya mengapresiasi penghargaan tersebut. “Tim kami beserta para mitra penyalur pinjaman di MEKAR bersyukur atas pencapaian ini. MEKAR secara konsisten telah menjadi platform yang  mampu membawa dampak positif di Indonesia dengan memfasilitasi pendanaan lebih dari 48.000 pinjaman untuk perempuan pelaku usaha,” sahutnya.

“Kami ada di sini hari ini berkat para peminjam yang walaupun tergolong unbanked namun taat, juga sistem perkoperasian di Indonesia yang mumpuni serta dukungan dari Bapak Putera Sampoerna,” tambah Thierry.

CEO MEKAR, Pandu Aditya Kristy (kedua dari kiri) mewakili MEKAR menerima penghargaan The Best P2P Platform in Indonesia pada ajang Global Wealth and Society Awards 2019 di Jakarta, kemarin (22/08/19).

MEKAR adalah platform pinjaman peer-to-peer terkemuka di tanah air yang sejak awal berdiri telah fokus melayani pendanaan pinjaman usaha mikro, kecil, dan menengah, utamanya yang dimiliki oleh perempuan. Platform MEKAR, https://mekar.id, mendapatkan tanda terdaftar dari Otoritas Jasa Keuangan pada bulan Maret 2018.

“Kami ingin membantu mewujudkan dampak sosial dan inklusi keuangan di Indonesia. Karena itulah kami selalu berupaya memperluas jangkauan layanan MEKAR dengan menggandeng lembaga-lembaga jasa keuangan di pelosok-pelosok Indonesia sebagai mitra kami,” ujar Thierry.

“Kami percaya bahwa menciptakan dampak sosial yang positif dapat dilakukan berbarengan dengan menyediakan peluang pendanaan yang tidak hanya menguntungkan bagi lender, namun juga membantu pertumbuhan usaha kecil Indonesia,” sahut CEO MEKAR, Pandu Aditya Kristy.

Hingga Juli 2019, MEKAR telah memfasilitasi pembiayaan lebih dari 55.500 pinjaman usaha untuk pelaku UMKM yang tersebar di 112 kota dan kabupaten di 13 provinsi di Indonesia, dengan angka pinjaman bermasalah yang sangat rendah yaitu 0,2%.

Penghargaan ini merupakan pengakuan untuk peran penting MEKAR dalam kancah pinjaman peer-to-peer di tanah air. Sebelumnya, di bulan November tahun lalu, MEKAR juga dinobatkan sebagai salah satu dari 10 platform pinjaman P2P teratas di Indonesia dalam kajian yang diterbitkan oleh perusahaan konsultan global, KPMG.

Plakat penghargaan The Best P2P Platform in Indonesia yang dimenangkan oleh MEKAR.

Sebagai penerima penghargaan The Best P2P Platform in Indonesia pada kategori The Business Achievement in Wealth and Society Awards 2019, MEKAR telah melalui proses penilaian yang ketat dan komprehensif. Dalam pernyataan tertulisnya, Wealth and Society menyebut MEKAR sebagai “platform yang inovatif” dan mampu menawarkan imbal hasil yang menarik bagi lendernya.

Tentang Global Wealth and Society Awards

Global Wealth and Society Awards diberikan kepada orang-orang yang menggunakan kekayaan mereka untuk menciptakan dampak positif di tengah masyarakat di mana mereka berada, juga kepada lembaga-lembaga atau organisasi-organisasi yang membantu mereka dalam mewujudkan hal tersebut.

Lebih lanjut tentang ajang penghargaan Global Wealth and Society Awards, termasuk kriteria dan proses penjurian, bisa dilihat di sini.

Global Wealth and Society Awards didukung oleh The Asian Banker, sebuah lembaga riset internasional penyedia data dan informasi di sektor jasa keuangan. Didirikan pada tahun 1996, The Asian Banker telah membangun reputasi sebagai salah satu pemimpin industri konsultansi dan riset di berbagai kawasan di dunia.

Informasi lebih lanjut, hubungi:

Annisa Fauzia
Marketing and Communications Specialist
PT Mekar Investama Sampoerna
Annisa.Fauzia@mekar.id