Kabar Mekar

MEKAR Masuk Daftar 10 Platform Crowdfunding Teratas di Indonesia

Industri pinjaman P2P dan crowdfunding di Indonesia sedang tumbuh dengan sangat cepat. Negara kepulauan yang luas ini kini telah memiliki lebih dari 120 platform pinjaman P2P dan crowdfunding yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jauh lebih tinggi dibandingkan September tahun lalu dengan hanya 67 platform terdaftar.

Di tengah persaingan yang semakin ketat, MEKAR sekali lagi berhasil membuktikan diri sebagai salah satu pemain kunci di industri ini. Minggu lalu, sebuah pengakuan datang dari Top10Asia.org yang mengukuhkan MEKAR sebagai salah satu dari 10 Platform Crowdfunding Teratas di Indonesia. Ini adalah pengakuan terbaru yang didapatkan MEKAR setelah sebelumnya meraih penghargaan berskala internasional Best P2P Platform in Indonesia dari Wealth and Society. Ajang penghargaan tersebut diselenggarakan oleh The Asian Banker pada bulan Agustus lalu.

“Di Indonesia, crowdfunding merupakan konsep yang relatif baru. Namun, dengan populasi kaum muda yang melek teknologi dan budaya gotong-royongnya, crowdfunding  mulai banyak dikenal di Indonesia dan memiliki potensi besar untuk pertumbuhan luar biasa di masa depan,” tulis Top10Asia.org pada reportasenya, yang bisa kamu lihat secara lengkap di sini.

Top10Asia.org menyoroti model bisnis MEKAR yang unik, yang menghubungkan lender dari seluruh Indonesia dan berbagai negara lainnya dengan pelaku usaha kecil yang unbanked dan membutuhkan pinjaman usaha. Melalui platform online https://mekar.id, lender dapat bergotong-royong mendanai pinjaman untuk pelaku usaha kecil yang tidak terlayani oleh bank.

Hingga hari ini, MEKAR telah memfasilitasi pendanaan lebih dari 57.000 pinjaman untuk pelaku usaha kecil, 95% di antaranya perempuan, di 13 provinsi di Indonesia. Lender di MEKAR menghasilkan keuntungan hingga 12,5% per tahun sambil menciptakan dampak sosial positif dengan memberikan pinjaman kepada peminjam yang tidak bisa mendapatkan layanan bank.

MEKAR masuk dalam daftar Top 10 Crowdfunding Platforms in Indonesia yang disusun oleh Top10Asia.org bersama dengan pemain-pemain terkemuka lainnya di industri crowdfunding, termasuk di antaranya Kitabisa, DANAdidik, dan Tanifund. Lihat daftar lengkapnya berikut ini.

 

Top 10 Crowdfunding Platforms in Indonesia

Disusun oleh Top10Asia.org, tanpa urutan tertentu