Kabar Mekar

Mekar Jadikan CSR Lebih Berdampak dan Berkelanjutan

Seiring berlalunya bulan-bulan terakhir di tahun ini, perusahaan Anda mungkin kini sedang mempersiapkan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) akhir tahun yang memang menjadi salah satu kewajiban perusahaan sebagaimana diatur dalam hukum di Indonesia. Sayangnya, bagi kebanyakan perusahaan, CSR seringkali dipandang hanya sebagai sebuah aktivitas pelengkap yang terkadang tidak benar-benar diperhatikan.

Tak jarang, perusahaan hanya menyisihkan dana dari anggaran yang tersisa untuk disumbangkan kepada masyarakat setempat atau membangun sebuah tugu di lingkungan atau kota tempat perusahaan berlokasi, lalu mereka menganggap tugas CSR mereka telah selesai.

Kegiatan CSR seringnya tidak benar-benar dipikirkan agar menjadi sesuatu yang sungguh dapat bermanfaat bagi mereka yang menjadi penerimanya, atau bagaimana sumbangan uang ataupun kegiatan amal yang dilakukan dapat memiliki efek jangka panjang bagi kehidupan masyarakat. Memang, membagi-bagi uang tunai mungkin dapat membantu rakyat miskin, namun skema amal semacam ini kebanyakan hanya berhasil jika pembagiannya dilakukan secara reguler — misalnya, setiap bulan. Sedangkan, sebuah perusahaan biasanya hanya melakukan CSR satu atau dua kali dalam setahun, sehingga sangat sulit untuk melihat dampak sosial yang besar dan nyata dari skema CSR semacam ini.

Baca juga: Evolusi Program CSR di Indonesia: Antara Tanggung Jawab Sosial dan Peluang Bisnis

Cara Baru Melakukan CSR

Namun, jaman telah berubah. Kini, dengan adanya inovasi di bidang teknologi finansial (FinTech), perusahaan dapat merancang model CSR baru yang lebih berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya dalam jangka waktu yang lebih lama, juga lebih berdampak besar bagi kehidupan mereka.

Mekar, sebuah platform pinjaman peer-to-peer, menyediakan sarana terbaik untuk melakukan CSR gaya baru ini. Sebagai salah satu inovator terdepan di kancah FinTech Indonesia, Mekar memanfaatkan teknologi untuk menghubungkan para investor (termasuk perusahaan) dengan pelaku usaha kecil dari berbagai daerah di Indonesia. Perusahaan manapun dapat menghubungi Mekar atau cukup mendaftar di website Mekar, mekar.id, dan mengalihkan dana CSR mereka untuk berinvestasi di ratusan pinjaman usaha kecil yang tersedia di platform Mekar. Dengan melakukan hal ini, perusahaan telah menciptakan sebuah program CSR yang berdampak besar dan sangat berkelanjutan.

Mekar bermitra dengan koperasi-koperasi simpan pinjam yang beroperasi di banyak pedesaan. Koperasi-koperasi ini memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam pengelolaan pinjaman dan pemberdayaan usaha-usaha kecil di Indonesia. Mekar bekerja sama dengan koperasi-koperasi ini untuk menseleksi para peminjam agar hanya mereka yang usahanya dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya yang bisa mendapatkan pinjaman melalui Mekar.

Bersama Mekar, perusahaan Anda dapat melakukan berbagai bentuk CSR, termasuk:

Mengalihkan dana CSR perusahaan Anda untuk berinvestasi melalui Mekar sangatlah mudah dan memiliki banyak keunggulan, di antaranya yaitu:

  1. Memanfaatkan anggaran CSR Anda dengan baik: CSR perusahaan Anda akan membantu pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia.
  2. Branding positif: Anda dapat mempublikasikan kegiatan CSR Anda yang dikelola oleh Mekar di website perusahaan Anda; Mekar juga akan memasukkan kinerja CSR perusahaan Anda dalam kampanye pemasaran Mekar.
  3. Tepat sasaran: Perusahaan Anda dapat memilih untuk berinvestasi pada sebagian peminjam terpilih saja. Misalnya, jika tujuan CSR perusahaan Anda adalah pemberdayaan petani, perusahaan dapat memilih untuk berinvestasi hanya pada peminjam yang usahanya bergerak di sektor pertanian.
  4. Transparan: Setiap investasi dikelola secara profesional dan keseluruhan prosesnya sangat transparan, sehingga setiap investor tahu secara pasti kepada siapa uang mereka disalurkan dan digunakan untuk keperluan apa.

Untuk mengetahui keuntungan lainnya dari skema CSR Mekar, hubungi Direktur Komersil Mekar Randy Gunadi di randy.gunadi@mekar.id.