Kabar Mekar

Lagi, Mekar Gandeng Lembaga Keuangan Mikro Wujudkan Inklusi Keuangan Sesungguhnya

Bandung, Jawa Barat Mekar (PT Mekar Investama Sampoerna), salah satu perusahaan fintech (financial technology) pinjaman peer to peer terbesar di Indonesia, resmi menggandeng Koperasi Syariah BMT ItQan sebagai Mitra Pemberi Pinjaman. Dengan bergabungnya BMT ItQan, Mekar kini dapat menyalurkan pendanaan ke lebih banyak pelaku UMKM di Jawa Barat.

Penandatanganan perjanjian kemitraan antara Mekar dan Koperasi Syariah BMT ItQan dilaksanakan hari ini, Rabu, 1 Agustus 2018 di kantor pusat BMT ItQan di Cibeunying Kidul, Bandung, Jawa Barat.

Mekar adalah penyedia layanan pinjaman peer to peer yang menghubungkan investor di seluruh Indonesia dengan pelaku usaha mikro yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya. Dalam menjalankan layanan tersebut, Mekar bermitra dengan lembaga-lembaga keuangan mikro yang berpengalaman dalam mengelola pinjaman. Dengan kemitraan ini, Mekar dan lembaga keuangan yang menjadi mitra Mekar mampu menciptakan inklusi keuangan yang sesungguhnya.

BMT ItQan yang merupakan koperasi yang berlandaskan pada prinsip-prinsip hukum Syariah, kini resmi menjadi Mitra Pemberi Pinjaman atau Lending Partner di Mekar, mengikuti jejak tiga koperasi besar lainnya yang telah lebih dulu tercatat sebagai mitra Mekar, yaitu Koperasi Mitra Dhuafa (Komida), Koperasi Abdi Kerta Raharja (AKR) dan Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah (KUM Syariah).

Sebagai Lending Partner Mekar, BMT ItQan bertugas mencari peminjam usaha mikro untuk dibiayai melalui platform Mekar, mengelola pinjaman, dan menagihkan pembayaran pinjaman dari peminjam. Seperti semua Lending Partner lainnya di Mekar, BMT ItQan juga memberikan jaminan perlindungan 100% atas jumlah pokok pinjaman yang dibiayai oleh investor (disebut juga Funder) melalui Mekar.

Didirikan pada tahun 2007, BMT ItQan memiliki lebih dari 8.000 orang anggota dengan 5.744 orang di antaranya merupakan peminjam mikro. Hingga Mei 2018, koperasi yang mengadopsi pola pembiayaan kelompok dari Grameen Bank ini telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 35.8 miliar dengan angka NPL (Non-Performing Loans) yang tergolong rendah yaitu 0,77%.

Kerja sama antara Mekar dengan BMT ItQan diharapkan mampu meningkatkan angka pembiayaan usaha mikro di daerah Jawa Barat, di mana BMT ItQan beroperasi dengan delapan kantor cabang.

“Kami bangga dapat bermitra dengan BMT ItQan yang merupakan mitra koperasi keempat yang kami miliki hingga hari ini. Melalui kemitraan ini Mekar telah menjangkau hingga 290 kecamatan di 116 kota/kabupaten yang tersebar di 11 provinsi di Indonesia. Selain itu, funder Mekar kini mendapatkan semakin banyak pilihan dalam melakukan pendanaan kepada UMKM,” kata Randy Gunadi, Chief Commercial Officer Mekar, setelah acara penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan.

“Kami berharap dengan kemitraan ini, Mekar bersama-sama dengan para mitra pemberi pinjaman dan funder dapat saling mendapatkan keuntungan dan menciptakan dampak sosial ekonomi yang masif bagi Unbankable di Indonesia,” tambahnya.

Ketua Pengurus Koperasi Syariah BMT ItQan, Adhy Suryadi, menambahkan bahwa pihaknya berharap kemitraan yang dijalin dengan Mekar dapat membantu BMT ItQan dalam menyediakan layanan pembiayaan bagi anggotanya. “Dengan kemitraan ini, koperasi kami kini memiliki sumber pendanaan yang Insya Allah dapat digunakan untuk mendukung lebih banyak lagi usaha kecil milik anggota kami sehingga penghasilan mereka bisa bertambah dan kesejahteraan mereka pun meningkat,” ujarnya.

Prosesi penandatangan MoU kerjasama oleh Chief Commercial Officer Mekar, Randy Gunadi dan Ketua Pengurus Koperasi BMT ItQan, Adhy Suryadi.

Jabat Tangan Peresmian Kerjasama Chief Commercial Officer Mekar, Randy Gunadi dengan Ketua Pengurus Koperasi BMT ItQan, Adhy Suryadi

Foto Bersama Antara Manajemen Mekar dan BMT ItQan


Tentang Mekar

Mekar (PT Mekar Investama Sampoerna) adalah perusahaan fintech yang bergerak di bidang peer-to-peer lending. Menggunakan sebuah platform online,https://mekar.id, Mekar menghubungkan wirausahawan dan pemilik usaha kecil (UMKM) di Indonesia yang membutuhkan pembiayaan dengan investor yang mencari alternatif investasi yang aman dan menguntungkan serta mampu membawa dampak positif secara sosial ekonomi dan lingkungan. Mekar memiliki misi meningkatkan inklusi finansial bagi para pelaku UMKM Indonesia.

Informasi Kontak

Website : https://mekar.id
Telepon : (021) 300-22735
Email : funder@mekar.id
Markom : Annisa Fauzia (0878-7664-5656)

Tentang Koperasi Syariah BMT ItQan

BMT itQan didirikan Tahun 2007 di Bandung, Jawa Barat. Pemberdayaan kaum dhuafa merupakan misi utama BMT ItQan, sejalan dengan hadits Nabi Muhammad SAW: “khairunnaas ‘anfauhum linnaas— sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya buat manusia lainnya”. BMT ItQan mengadopsi konsep pembiayaan kelompok dari Grameen Bank dan menawarkan layanan pembiayaan usaha dan simpanan bagi anggotanya.

Informasi Kontak

Website : http://bmtitqan.org
Telepon : (022) 7209 247