Kabar Mekar

Lima Tips Berhemat Saat Mudik

Libur Lebaran akhirnya datang juga dan bagi sebagian orang ini berarti waktunya untuk memulai perjalanan pulang kampung atau yang sering disebut ‘mudik’. Mudik adalah tradisi yang penting bagi masyarakat Indonesia; tahun ini saja, diperkirakan ada 23 juta orang yang melakukan ritual perjalanan ini untuk mengunjungi orang tua atau sanak saudara mereka di kampung halaman demi merayakan hari raya bersama-sama.

Meski berkumpul bersama keluarga untuk berlebaran adalah sesuatu yang penting, menjaga bajet liburan agar tetap sesuai rencana juga sangat penting agar kamu tetap sehat secara finansial. Nah, ayo simak lima tips berhemat saat mudik, agar kamu masih tetap punya sisa THR untuk simpanan dana pensiun atau investasi saat pulang nanti.

Baca juga: Lakukan 4 hal ini untuk membuat mudik lebih berkesan dan bermakna

Bawa botol minum

Saat traveling, membeli air minum dalam kemasan bisa menghabiskan banyak uang. Jadi, bawalah botol air minum sendiri dan isi sampai penuh sebelum berangkat. Kalau kamu mengunjungi rumah kerabat atau teman selama perjalanan mudik, kamu bisa meminta ijin untuk mengisi botol airmu. Kamu juga bisa bertanya di hotel tempatmu menginap atau di restoran apakah kamu bisa mengisi botolmu dari dispenser air mereka.
Tips: Download aplikasi mobile RefillMyBottle, yang akan menunjukkan lokasi di mana kamu bisa mengisi botol airmu secara gratis atau dengan harga yang sangat murah. RefillMyBottle tersedia di kota-kota besar di Jawa dan Bali.

Siapkan makanan untuk di jalan

Dengan adanya makanan yang siap dimakan selama di perjalanan, kamu tak perlu sering menyambangi restoran. Kalau di mudik kali ini kamu menempuh perjalanan darat, kamu juga bisa mencari tempat yang enak untuk berhenti dan menikmati piknik bersama keluarga. Baca resep masakan praktis yang mudah dikemas di sini.

Sewa kamar tanpa sarapan dan coba kuliner lokal

Kalau kamu menginap di hotel, terkadang biayanya lebih murah jika kamu memesan kamar tanpa sarapan pagi. Alih-alih, kamu bisa mencari tempat makan yang menyajikan kuliner lokal yang otentik. Kebanyakan tempat makan yang menyajikan masakan lokal adalah warung kaki lima yang tentunya lebih murah dibandingkan restoran mewah di hotel.

Berburu voucher dan diskon atau kreatif dalam mencari aktivitas selama liburan

Gunakan aplikasi atau situs web seperti Traveloka, Tiket.com, atau Lakupon untuk berburu penawaran menarik seperti voucher dan diskon tiket masuk tempat-tempat wisata populer. Kamu bisa menghemat banyak uang dengan melakukan ini.

Tapi jika kamu ingin benar-benar berhemat, mungkin sebaiknya lewatkan saja mengunjungi atraksi-atraksi wisata yang besar dan mahal. Ada banyak aktivitas yang lebih murah yang bisa kamu pilih selama liburan. Cobalah berjalan-jalan di taman atau alun-alun kota. Kamu bisa menemukan berbagai kegiatan yang tak membutuhkan uang dan bisa kamu lakukan bersama keluarga, lho!

Cari oleh-oleh dan buah tangan? Kunjungi pasar tradisional

Tempat terbaik untuk membeli buah tangan biasanya di pasar tradisional di mana kamu bisa menemukan perajin-perajin lokal yang menjual kreasi mereka. Harga barang di pasar tradisional juga biasanya lebih murah dibanding di toko souvenir khusus turis atau di pusat perbelanjaan. Kamu juga bisa mencari usaha-usaha mikro di sekitarmu yang membuat dan menjual jajanan atau kerajinan lokal yang bisa kamu beli dan bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jadi itu dia lima tips dari kami untuk berhemat saat mudik. Sekarang kamu bisa berangkat mudik tanpa menghabiskan terlalu banyak uang dan tetap bisa menabung dan berinvestasi saat pulang nanti. Selamat mudik!