Kabar Mekar

Sekilas Mitra Mekar: Koperasi Abdi Kerta Raharja Raih Penghargaan

Rangkaian HARKOPNAS EXPO yang diselenggarakan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, untuk memperingati Hari Koperasi yang jatuh pada tanggal 12 Juli lalu telah berakhir. Di tengah semua kemeriahan acara yang juga dihadiri oleh presiden RI Joko Widodo itu, sebuah penghargaan tingkat nasional di bidang koperasi diraih oleh salah satu lending partner Mekar.

Koperasi Abdi Kerta Raharja berhasil membawa pulang penghargaan Bakti Koperasi yang diraih oleh ketuanya, Hj. E. Farida, untuk pengabdiannya yang luar biasa selama bertahun-tahun mengembangkan koperasi yang dipimpinnya.

Hj. Farida menjadi salah satu dari 134 orang pegiat koperasi dari seluruh Indonesia yang mendapatkan penghargaan yang disampaikan oleh menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Ngurah Puspayoga pada hari Selasa lalu. Ajang penganugerahan penghargaan tersebut menjadi bagian dari rangkaian acara Harkopnas.

Penghargaan Bakti Koperasi Yang Diraih Oleh Ketua Koperasi Abdi Kerta Raharja Hj Farida

“Koperasi berkualitas sudah memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB), Kewirausahaan dan Bisnis e-Commerce,” ujar Puspayoga seperti dikutip oleh Rmol.co.

Abdi Kerta Raharja adalah salah satu dari koperasi berkualitas yang disebut oleh Puspayoga. Koperasi ini juga merupakan satu koperasi yang menjadi lending partner di Mekar (PT Sampoerna Wirausaha). Sebagai sebuah perusahaan fintech yang bergerak di bidang pinjaman peer-to-peer, Mekar menjalin kemitraan yang sangat dekat dengan koperasi-koperasi besar dan berpengalaman di Indonesia.

Mulai investasi sekarang, Biayai pinjaman melalui Mekar dan bantu usaha kecil berkembang.

Selain Abdi Kerta Raharja, lending partner Mekar lainnya yaitu Koperasi Mitra Dhuafa (Komida). Para mitra Mekar ini adalah koperasi-koperasi terkemuka yang menjadi perpanjangan tangan Mekar dan bersentuhan langsung dengan para peminjam, yaitu para pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia.

Dengan penghargaan yang diraihnya ini, Hj. Farida sebagai pimpinan Abdi Kerta Raharja telah membuktikan bahwa koperasi yang dijalankannya ini adalah salah satu koperasi yang harus diperhitungkan sebagai pemain penting di sektor ini.

Sebelumnya koperasi ini juga telah meraih berbagai penghargaan, termasuk KSP Award di tahun 2014. Penghargaan bergengsi tingkat nasional itu diserahkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM kepada 10 koperasi simpan pinjam terbaik se-Indonesia dan Abdi Kerta Raharja memenangkan kategori koperasi dengan pertumbuhan anggota paling cepat.

Baca juga : Mekar dan Komida Bekerja Sama Perluas Sumber Pendanaan Usaha Bagi Perempuan

Saat ini, Abdi Kerta Raharja telah memiliki lebih dari 56.000 orang anggota dengan 17.000 di antaranya adalah peminjam mikro kredit. Koperasi ini mengambil inspirasi dari semangat dan prinsip perkoperasian yang diusung oleh Mochamad Hatta, Bapak Koperasi Indonesia, dan mengadopsi konsep Grameen Bank yang dicetuskan oleh pemenang nobel perdamaian Muhammad Yunus di Bangladesh. Usaha mikro kredit yang dilakukan koperasi ini telah membantu anggotanya yang sebagian besar berasal dari lapisan masyarakat yang tidak memiliki akses ke pinjaman bank.

Koperasi Abdi Kerta Raharja resmi menjadi mitra Mekar di bulan Maret 2017. Mekar menggunakan sebuah platform online pinjaman peer-to-peer untuk menghubungkan pemilik UMKM di manapun di Indonesia yang membutuhkan pinjaman usaha dengan pemilik modal di kota-kota besar yang menginginkan alternatif investasi yang aman dan menguntungkan, serta membantu pertumbuhan ekonomi lokal.

Melalui kerjasama dengan Mekar, Abdi Kerta Raharja dapat lebih cepat membiayai pinjaman-pinjaman usaha anggotanya. Investor di Mekar pun dapat membiayai lebih banyak lagi pinjaman usaha kecil.

Baca lebih lanjut mengenai lending partner Mekar, koperasi Abdi Kerta Raharja.