Kabar Mekar

Klarifikasi: MEKAR tidak pernah bermitra dengan Launcher.id

Beberapa waktu yang lalu, MEKAR mendapatkan laporan bahwa nama MEKAR telah diklaim sebagai salah satu klien dari firma hukum Launcher.id (www.launcher.id). Website perusahaan tersebut mencantumkan nama dan logo MEKAR dalam daftar klien mereka serta menampilkan testimoni dari CEO MEKAR atas layanan mereka.

Hal tersebut menjadi perhatian kami di MEKAR dan kami, PT Mekar Investama Sampoerna, merasa perlu untuk memberikan klarifikasi bahwasanya perusahaan kami tidak pernah menjadi klien Launcher.id sebagaimana diklaim oleh firma hukum tersebut. MEKAR juga tidak pernah memberikan testimoni atas layanan Launcher.id.

CEO MEKAR, Pandu Aditya Kristy, mengatakan, “PT Mekar Investama Sampoerna tidak pernah bekerja sama ataupun menjadi klien dari Launcher.id. Kami tidak pernah menggunakan layanan mereka. MEKAR didirikan oleh Bapak Putera Sampoerna, seorang pengusaha kawakan berjiwa sosial tinggi, dibantu oleh tim internal MEKAR yang membangun model bisnis kami sehingga menjadi suatu entitas dengan model bisnis yang solid seperti sekarang ini. Kami juga memiliki tim legal internal yang mumpuni yang bekerja sebaik-baiknya untuk kepentingan seluruh lender dan borrower kami.”

Protes Resmi

Tim legal MEKAR telah melayangkan protes resmi kepada pihak Launcher.id. Website Launcher.id kini tidak lagi menampilkan nama MEKAR sebagai salah satu klien dan testimoni yang diklaim sebagai berasal dari CEO MEKAR pun sudah tidak lagi ditayangkan pada website tersebut.

MEKAR adalah sebuah perusahaan fintech yang menjalankan layanan pinjaman peer-to-peer yang fokus pada pemberdayaan UMKM Indonesia. Layanan ini diluncurkan MEKAR untuk pertama kalinya pada awal tahun 2017 lalu. Dalam waktu yang cukup singkat, MEKAR berhasil menjadi salah satu platform P2P terpercaya di tanah air. MEKAR juga beberapa kali mendapatkan penghargaan dan pengakuan internasional sebagai platform P2P berdampak sosial.

Penghargaan yang pernah diraih oleh MEKAR yaitu The Best P2P Platform in Indonesia yang dianugerahkan oleh Global Wealth and Society Awards 2019. Pada tahun 2018 yang lalu, MEKAR juga masuk dalam daftar Top 10 Online Lending Platforms in Indonesia versi perusahaan konsultan global KPMG.

“Pencapaian-pencapaian luar biasa ini kami raih berkat kerja keras tim kami di MEKAR, dan juga dengan dukungan dari seluruh lender dan mitra penyalur pinjaman MEKAR di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Pandu. Ia menambahkan bahwa MEKAR selalu transparan dan menampilkan informasi di website MEKAR mengenai mitra-mitra bisnis perusahaan, termasuk menampilkan profil setiap mitra penyalur pinjaman dan mitra penyedia layanan digital signature yang bekerja sama dengan MEKAR.