Kabar Mekar

Merangkum 2018 di Mekar

2018 adalah tahun yang besar untuk Mekar — bukan hanya bagi perusahaan kami, yang telah tumbuh dan berkembang pesat di lanskap industri pinjaman peer to peer Indonesia yang sangat kompetitif, namun juga bagi para Lender (pemberi pinjaman) di Mekar yang telah setia mendukung kami dalam mewujudkan misi kami memberdayakan usaha-usaha kecil di tanah air dengan mendanai pinjaman usaha untuk mereka. Mari sejenak menilik sejauh mana Mekar telah merekah di tahun ini!

Maret

Di bulan Maret lalu, platform pinjaman kami yang inovatif secara resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebagai perusahaan fintech yang bergerak di sektor pinjaman peer to peer dan menjangkau masyarakat di negara kepulauan Indonesia, pengakuan OJK terhadap Mekar sangatlah penting dan menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan lembaga regulator pada layanan Mekar.

Juli

Mekar yang baru diluncurkan pada bulan Juli. Website kami, https://mekar.id, mengalami makeover besar-besaran dan kini hadir dengan tampilan dan warna baru yang lebih menarik.

Tampilan baru Mekar. Lihat di website kami sekarang!

Di bulan yang sama, Mekar juga menyambut Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah (KUM Syariah) sebagai Lending Partner (Mitra Pemberi Pinjaman). Lending Partner adalah lembaga-lembaga keuangan yang bermitra dengan Mekar untuk membantu Mekar menemukan usaha-usaha mikro dan kecil yang membutuhkan pendanaan di banyak daerah di seluruh Indonesia. Hingga hari ini, para Lender hebat di Mekar telah mendanai 8.622 pinjaman usaha yang berasal dari KUM Syariah senilai lebih dari Rp 13,6 miliar.

Chief Commercial Officer Mekar Randy Gunadi (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Koperasi KUM Syariah Murtadho (kiri) seusai penandatanganan perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak.

Agustus

Sebuah koperasi lainnya resmi menjadi Lending Partner Mekar di bulan Agustus tahun 2018. Koperasi Syariah BMT ItQan adalah koperasi yang berpedoman pada syariat Islam dan beroperasi di daerah Jawa Barat. Dalam waktu kurang dari enam bulan, Lender Mekar telah mendanai pinjaman usaha mikro yang berasal dari BMT ItQan senilai lebih dari Rp 5,5 miliar.

Prosesi penandatangan MoU kerjasama oleh Chief Commercial Officer Mekar, Randy Gunadi dan Ketua Pengurus Koperasi BMT ItQan, Adhy Suryadi.

Oktober

Di akhir September, gempa bumi dahsyat dan tsunami menghancurkan kota Palu dan beberapa area sekitarnya di provinsi Sulawesi Tengah. Di bulan Oktober, Mekar menggandeng sebuah lembaga kemanusiaan untuk memberi kesempatan pada para Lender kami untuk berkontribusi bagi upaya bantuan kemanusiaan di Palu sambil mendanai pinjaman usaha mikro melalui platform Mekar.

Melalui program tersebut, Mekar mendonasikan sebagian keuntungan yang kami dapatkan saat Lender mendanai pinjaman di Mekar. Pada 25 Oktober 2018, Mekar menyerahkan dana donasi sebesar Rp 13.418.000 kepada lembaga kemanusiaan yang ditunjuk yang kemudian menyalurkan dana tersebut kepada para korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Mekar, diwakili oleh Pandu Aditya Kristy selaku COO (kanan), menerima sertifikat dari pihak Aksi Cepat Tanggap (ACT). Mekar memberikan donasi bagi korban bencana di Palu, Sigi and Donggala melalui ACT.

November

Berita yang sangat menggembirakan datang di bulan November. KPMG, sebuah perusahaan konsultan global ternama, membuat daftar 10 Teratas penyedia layanan peer to peer lending di Indonesia dan Mekar adalah salah satunya. Pengakuan ini menguatkan komitmen kami untuk meningkatkan akses keuangan bagi pelaku UMKM di Indonesia serta menyediakan peluang pendanaan yang aman, menguntungkan dan berdampak sosial.

Download versi lengkap studi KPMG di sini

Desember

Seiring berakhirnya tahun 2018, kami melihat kembali pencapaian-pencapaian yang telah diraih bersama oleh Mekar dan para Lender serta Lending Partner kami. Hal ini membantu kami dalam mengukur keberhasilan dan mengevaluasi kinerja sehingga kami dapat meningkatkan lagi upaya kami untuk tahun mendatang. Tahun ini, bersama-sama kita telah mewujudkan:

Lebih dari 40.000 Rp 84 miliar 0,3% 100%
Pinjaman terdanai Pendanaan tersalurkan Pinjaman bermasalah Pembayaran tepat waktu

Kami dapat mewujudkan semua ini karena dukungan para Lender dan Lending Partner yang luar biasa. Dukungan kalian yang tak pernah putus menjadi penyemangat dan memotivasi kami untuk menjadi lebih baik lagi di masa depan. Sekarang, mari kita sambut 2019!