Kabar Mekar

Tumbuhkan Uang Tanpa Rasa Khawatir Bersama Mekar

Apakah kamu sedang mempertimbangkan untuk menumbuhkan danamu via platform pinjaman peer-to-peer? Jika iya, mungkin faktor risiko adalah salah satu yang menjadi pertimbangan utama kamu sebelum mencoba kelas aset yang memang terbilang cukup baru ini. Dengan segala keunggulan yang ditawarkan oleh P2P lending, kamu mungkin bertanya-tanya, apakah benar-benar aman menggunakan platform fintech semacam ini untuk menumbuhkan uangmu?

Tentu ada faktor-faktor lainnya yang harus kamu pertimbangkan juga sebelum memutuskan untuk memanfaatkan platform P2P untuk menumbuhkan uangmu. Tapi jika saat ini kamu baru mencoba-coba, wajar saja kalau pertanyaan utama yang kamu miliki yaitu, “apakah saya akan kehilangan uang saya?”

Apakah kamu berisiko kehilangan uang?

Kalau kamu menyimpan uang di rekening tabungan di salah satu bank besar di Indonesia, uangmu dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Saat ini, LPS menjamin keamanan uangmu di bank senilai sampai dengan Rp 2 miliar. Tapi tak ada lembaga khusus yang melindungi uangmu dari kerugian saat memberikan pinjaman melalui platform pinjaman peer-to-peer.

Jadi apa yang terjadi kalau kamu telah mendanai sebuah pinjaman di platform P2P, lalu peminjamnya gagal bayar? Di sebagian besar platform P2P, ini berarti kamu telah kehilangan uangmu.

Apa mungkin kamu bisa mendapatkan kembali uangmu?

Kabar baiknya, ada sebuah platform P2P di Indonesia yang memiliki fasilitas perlindungan untuk danamu. Proteksi 100% untuk uangmu ini bisa kamu nikmati saat kamu mendanai pinjaman di platform MEKAR (PT Mekar Investama Sampoerna).  Jaminan proteksi ini diberikan oleh lembaga-lembaga keuangan yang bermitra dengan MEKAR.

MEKAR bermitra dengan koperasi-koperasi simpan pinjam besar yang beroperasi di banyak daerah di Indonesia. Koperasi-koperasi ini adalah lending partner MEKAR yang berinteraksi secara langsung dengan para peminjam sehari-harinya. Mereka memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menyalurkan dan mengelola pinjaman untuk pemilik usaha kecil di pelosok-pelosok desa di tanah air. Koperasi-koperasi mitra MEKAR berhubungan dekat dengan para peminjam sehingga mereka bisa menekan angka pinjaman gagal bayar. Hasilnya, para lending partner MEKAR memiliki angka NPL kurang dari 2,5%.

Dengan angka NPL yang begitu rendah, lending partner MEKAR tidak ragu memberikan jaminan proteksi bagi uang yang kamu pinjamkan melalui MEKAR. Jaminan ini berlaku untuk 100% dari nilai uang yang kamu pinjamkan pada pelaku usaha kecil melalui MEKAR. Tidak ada jaminan atas bunga atau imbal hasil yang bisa kamu dapatkan dan ini adalah sebuah risiko kecil bila kamu mendanai pinjaman P2P di MEKAR, begitupun di platform lainnya. Tapi di MEKAR, modal awal yang kamu keluarkan terjamin keamanannya.

Beberapa platform lainnya mengatakan mereka memiliki cadangan dana untuk mengatasi kasus gagal bayar, tapi mereka tidak menyediakan jaminan bagi uangmu. Di MEKAR, kamu mendapatkan jaminan yang disediakan oleh mitra MEKAR.

Kalau kamu memutuskan untuk mendanai pinjaman di platform P2P, pastikan memilih platform dengan cermat. MEKAR memiliki skema jaminan yang solid untukmu apabila terjadi kasus langka di mana peminjam gagal bayar. Pada akhirnya, bukankah lebih baik apabila kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan uangmu?