Kabar Mekar

Hindari Melakukan Hal ini Agar Uangmu Tidak Terbuang Sia-sia

Melihat tagihan di awal bulan, sebagian pasti ada yang shock dan ada juga yang pasrah. Tidak sedikit pula orang yang menghabiskan sebagian, bahkan hampir seluruh gajinya di awal bulan baik itu untuk membayar tagihan-tagihan maupun pengeluaran-pengeluaran lainnya yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Coba perhatikan kebiasaanmu sehari-hari, apakah kamu masih sering menghambur-hamburkan uang semudah kamu menggaruk telapak tangan kamu yang gatal? Ambil contoh, seberapa sering kamu mampir ke coffee shop setiap harinya dan menghabiskan uang di sana? Pengeluaran yang sedikit-sedikit seperti ini kalau dihitung-hitung di akhir bulan bisa jadi banyak juga. Nah, agar uangmu tidak terbuang sia-sia, ada baiknya kamu hindari hal-hal di bawah ini.

1. Cemilan hiburan

Banyak orang memiliki kebiasaan membeli cemilan baik itu untuk dimakan di bioskop, setelah kerja, atau bahkan saat menonton tv di rumah. Kalau dipikir-pikir apakah kita selapar itu, ataukah itu karena kita terbiasa mengunyah sesuatu di depan layar? Pasalnya, sebenarnya kita masih bisa menikmati hiburan dengan atau tanpa cemilan.

2. Hadiah yang berlebihan

Beberapa kado untuk orang-orang tertentu memang terkadang butuh dana lebih, tapi bukan berarti berlebihan. Padahal, membeli kado itu tidak harus mahal. Mungkin kamu bisa memberikan kado dengan harga yang lebih bersahabat dan tentunya berkesan untuknya. Tidak mungkin kan, orang yang kamu berikan kado akan membuang kadomu begitu saja ketika kamu telah memberikannya?

3. Keanggotaan yang tidak pernah dipakai

Ketika sedang semangat banget untuk hidup sehat atau mau menurunkan berat badan, kita memutuskan untuk bergabung dengan gym terdekat dan kartu kredit secara otomatis membayarnya tiap bulan. Pada kenyataannya, kita hanya hadir di sana dua kali sebulan. Itupun sekali hanya untuk menikmati sauna! Namun, jika kamu benar-benar membutuhkannya dan kamu rajin pergi kesana, beda urusannya.

4. Membeli barang sekali pakai

Contohnya adalah tisu makan di dapur. Coba gunakan serbet kain yang bisa dipakai dan dicuci berulang kali. Selain lebih hemat pengeluaran, menggunakan kain untuk membersihkan segala sesuatu lebih ramah lingkungan, lho!

5. High-tech gadgets

Tidak sedikit orang yang langsung buru-buru mengganti handphone mereka begitu edisi terbaru keluar. Apakah sebutuh itu? Coba pertahankan handphone sampai benar-benar huruf A sudah tidak bisa muncul lagi.

6. Belanja impulsif

Satu hal yang perlu diingat baik-baik: toko memang sengaja didesain untuk memancing kita untuk membeli dan mengisap uang sebanyak mungkin. Jalan-jalan di mal (dan percaya diri tidak akan membeli apapun) biasanya akan berakhir menenteng sesuatu yang tidak direncanakan.

7. Membeli segala sesuatu yang bermerk

Harus diakui orang-orang sering kali membeli sesuatu karena merknya tanpa mempertimbangkan barang dari merk lain. Kadang-kadang masuk akal terlebih jika penawarannya memang luar biasa atau barangnya memiliki kualitas lebih baik, tapi seringkali merk biasa lebih murah dan modelnya sama persis dengan merk mahal (dan tidak ada yang tahu bedanya juga, sih!)

8. Makan di luar berkali-kali dalam seminggu

Sesekali makan di luar atau ngantri di jalur drive-thru restoran fast food saat lagi malas masak di rumah, tidak ada salahnya. Namun, tiga kali seminggu? Hmm… itu ibarat dapur kita pindah ke restoran dan dapur di rumah adalah dapur sewaan.

Jika kamu mencari artikel-artikel mengenai wanita, kamu bisa mencarinya di https://woop.id.