Kabar Mekar

Hari Kemerdekaan: Sudahkah Anda Bebas Secara Finansial?

Selamat hari kemerdekaan! Inilah hari untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang dan mengorbankan hidup mereka demi kemerdekaan bangsa ini. Bagi rakyat Indonesia, hari ini juga merupakan waktu untuk berbagai kegiatan. Misalnya dengan mendekorasi lingkungan tempat tinggal dengan warna bendera Indonesia yaitu merah dan putih, atau ikut meramaikan berbagai perlombaan seperti misalnya Panjat Pinang, ataupun menikmati berbagai diskon spesial di pusat perbelanjaan atau restoran favorit keluarga.

Tapi setelah semua kemeriahan itu usai, mungkin Anda bisa mengambil waktu sejenak untuk memikirkan apa makna kemerdekaan sesungguhnya bagi Anda dan keluarga. Dalam hidup ini, apakah Anda sudah merasa benar-benar bebas? Jika Anda memiliki hutang atau cicilan rumah yang membuat Anda tertekan secara finansial, mungkin sudah waktunya Anda memikirkan bagaimana caranya untuk bebas dari semua itu. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai langkah awal menuju kebebasan finansial:

Hindari Hutang

Hutang bisa dengan cepat menjadi penghalang Anda meraih kebebasan finansial. Langkah pertama agar bisa merdeka secara finansial adalah dengan menyingkirkan semua hutang yang memiliki bunga tinggi, seperti misalnya hutang kartu kredit. Ini bukan berarti Anda harus segera membuang semua kartu kredit Anda; gunakan kartu kredit jika Anda yakin itu dapat membantu mencapai tujuan finansial Anda, tapi ingatlah untuk selalu bijak dalam menggunakan kartu kredit.

Jangan Besar Pasak Daripada Tiang

Anda bisa bertahan dengan sumber pemasukan yang Anda miliki saat ini dan berhemat dalam pengeluaran, kurangi belanja yang tidak perlu, atau carilah sumber-sumber pemasukan tambahan sehingga Anda tetap bisa menikmati gaya hidup Anda saat ini dan tetap memiliki uang lebih untuk ditabung atau untuk investasi.

Rencanakan Masa Depan

Kunci dari kebebasan finansial adalah selalu melihat jauh ke depan. Ada banyak cara untuk mempersiapkan masa depan, misalnya dengan memiliki tabungan pensiun, atau membeli asuransi (kesehatan, kendaraan atau rumah) untuk melindungi aset Anda, ataupun menyisihkan uang ke dalam sebuah dana darurat yang bisa Anda gunakan apabila terjadi hal-hal yang dapat mengganggu situasi keuangan Anda, misalnya seperti kehilangan pekerjaan atau bisnis yang gagal.

Cara lainnya untuk mempersiapkan masa depan yaitu dengan berinvestasi, dan ingatlah bahwa, dalam jangka panjang, penting bagi Anda untuk terus-menerus berinvestasi. Satu produk investasi yang sedang naik daun di Indonesia saat ini yaitu pinjaman peer-to-peer. Beberapa perusahaan rintisan menawarkan jenis investasi ini, salah satunya yaitu Mekar (PT Sampoerna Wirausaha).

Pada platform peer-to-peer lending yang dijalankan Mekar, Anda dapat berinvestasi dalam pinjaman usaha kecil dan menghasilkan return yang cukup besar (rata-rata 10% per tahun). Platform Mekar membuat investasi jadi mudah dan terjangkau. Untuk mulai berinvestasi, Anda hanya perlu mendaftarkan diri di website Mekar. Setelah itu, Anda bisa memilih pinjaman yang ingin Anda biayai; ada lebih dari seratus pinjaman yang bisa dipilih setiap harinya, kesemuanya adalah pinjaman produktif – pinjaman yang digunakan untuk membiayai pertumbuhan dan perluasan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Bila Anda adalah seorang investor pemula dan mungkin berpikir Anda tidak memiliki banyak uang untuk mulai berinvestasi, di Mekar Anda bisa memulai investasi dalam jumlah kecil. Besar pinjaman di Mekar bervariasi, mulai dari Rp 1 juta, cukup terjangkau bagi investor baru. Takut kehilangan uang Anda? Saat Anda berinvestasi di pinjaman usaha kecil melalui platform peer-to-peer lending Mekar, Anda akan mendapatkan jaminan proteksi 100% atas investasi awal Anda. Jaminan ini disediakan oleh para lending partner Mekar, yaitu lembaga-lembaga jasa keuangan yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di industri kredit. Selain itu, platform Mekar sangat mudah diakses melalui komputer ataupun telepon genggam dan menyediakan informasi lengkap tentang investasi Anda sehingga Anda bisa memantau dan mengelola investasi Anda secara real-time. Inilah investasi yang mudah dan tanpa rasa khawatir.

Jadi, saat merayakan hari kemerdekaan ini, ambillah waktu untuk merefleksikan arti kebebasan dan bagaimana Anda akan lepas dari semua kekhawatiran finansial Anda dan menjalani hidup yang tenang. Untuk masa depan yang lebih baik, mulailah berinvestasi saat ini, kunjungi Mekar untuk mempelajari lebih lanjut mengenai investasi pinjaman peer-to-peer yang aman dan menguntungkan.