Kabar Mekar

Fitur Baru Crowdfunding di Mekar Tawarkan Lebih Banyak Peluang Investasi

Salah satu karakteristik paling penting dari perusahaan fintech seperti Mekar adalah rasa haus yang terus-menerus akan inovasi. Mekar, pemain kunci dalam dunia pinjaman peer-to-peer di Indonesia, tak pernah berhenti mencari cara-cara baru untuk menawarkan lebih banyak alternatif investasi bagi para funder.

Di saat yang sama, Mekar juga selalu memperluas jangkauannya untuk dapat mengikutsertakan lebih banyak lagi UMKM Indonesia dalam daftar usaha kecil yang bisa didukung oleh para funder melalui platform yang dikelola Mekar.

Semangat inilah yang membawa Mekar untuk mulai merambah dunia Crowdfunding. Hari ini, 6 November 2017, menandakan hari di mana Mekar meluncurkan fitur terbarunya yaitu Crowdfunding, yang kini telah tersedia di website Mekar, Mekar.id.

Mungkin ada di antara Anda yang belum mengetahui apa itu Crowdfunding. Crowdfunding, seperti tercermin dari namanya, merupakan sebuah proses untuk menarik minat sejumlah besar investor untuk mengeluarkan uang dalam jumlah kecil dan berinvestasi pada sebuah produk atau bisnis yang inovatif.

Dengan adanya Crowdfunding, usaha-usaha kecil kini jadi lebih mudah untuk dapat “bertemu” dengan para pemodal yang bisa membantu mereka tumbuh lebih besar atau menjangkau pasar yang lebih luas. Di sisi lain, bagi para investor, Crowdfunding menawarkan kesempatan untuk menanamkan investasi mereka lebih awal pada produk, proyek atau bisnis yang memiliki potensi untuk menjadi besar di masa depan, juga pada nilai-nilai yang mereka yakini.

Fitur Baru, Penawaran Baru

Saat ini, Mekar menawarkan dua tipe Crowdfunding: bagi hasil dan pre-order produk. Dalam skema bagi hasil, funder yang menginvestasikan uangnya untuk mendukung sebuah Campaign dari suatu bisnis akan memperoleh pembayaran secara periodik yang besarnya dihitung berdasarkan persentase tertentu dari penjualan yang dicatatkan oleh bisnis tersebut.

Sebagai contoh, sebuah campaign di Mekar yang digalang oleh AKUN.biz saat ini menawarkan bagi hasil sebesar 33% (efektif, p.a.) bagi para funder, yang akan dibayarkan secara triwulanan selama 4 (empat) tahun, dari 2018 sampai dengan 2021. Ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat bagus untuk berinvestasi pada aplikasi keuangan yang tumbuh dengan sangat cepat dan telah memenangkan penghargaan ini. AKUN.biz telah menarik minat lebih dari 35.000 orang pengguna sejak diluncurkan sekitar setahun lalu.

Sebagai seorang funder, Anda juga dapat mendukung usaha-usaha kecil dengan cara melakukan pemesanan awal (pre-order) untuk produk-produk mereka, dengan harga yang kadang lebih murah dari harga retailnya. Dukungan Anda akan membantu UMKM-UMKM ini membayar biaya produksi produknya dalam jumlah besar. Saat ini Anda dapat melakukan pre-order untuk sebuah 3D printer dari BikinBot, pembuat 3D Printer pertama di Indonesia, juga sebuah sepeda dari Ewabi, perusahaan pertama di Indonesia yang memproduksi sepeda bambu.

Mekar berencana untuk menawarkan jenis Crowdfunding lainnya di kemudian hari.

Keunggulan Layanan Crowdfunding Mekar

Solusi Crowdfunding Mekar memiliki keunggulan dibandingkan kebanyakan platform lain di luaran. Pertama, dan yang paling penting, bisnis-bisnis yang menggalang dukungan melalui fitur Crowdfunding Mekar telah melalui proses seleksi sehingga hanya mereka yang dapat menunjukkan pertumbuhan finansial yang solid yang bisa membuat Campaign di Mekar. Mereka juga harus telah beroperasi selama sedikitnya satu tahun.

Bagi para funder, ini berarti bahwa bisnis-bisnis yang ada di Mekar memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan di banyak platform Crowdfunding lainnya di mana semua bisnis dengan kondisi apapun juga dapat menggalang dana. Funder di Mekar berinvestasi pada usaha-usaha yang memiliki tingkat pertumbuhan tinggi.

Selain itu, saat melakukan pre-order sebuah produk dari satu usaha di halaman Crowdfunding Mekar, maka Anda membeli produk yang sudah diujikan kepada pasar. Di platform lainnya, Anda mungkin akan menemukan bahwa produk-produk yang bisa Anda pesan masih dalam tahap perancangan atau produksi dan belum siap untuk dipasarkan ke publik. Di Mekar, usaha-usaha yang melakukan Crowdfunding kesemuanya sudah beroperasi secara penuh dan memiliki lini produksi yang sudah bekerja dengan baik; mereka telah memproduksi produk yang mereka tawarkan selama beberapa waktu, atau telah membuat produk yang serupa sebelumnya dan kini ingin memproduksi jenis atau model terbaru.

Kelebihan lain yang Mekar miliki dibanding platform Crowdfunding lainnya yaitu bahwa Mekar, seperti yang sudah-sudah, hanya memilih usaha-usaha yang bertanggung jawab sosial dan memiliki dampak sosial dan lingkungan yang positif.

Kunjungi halaman Crowdfunding Mekar sekarang dan dukung usaha kecil Indonesia tumbuh dan berkembang.