Kabar Mekar

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Lagi Dari Uang Anda di Mekar

Saat Anda meminjamkan uang kepada pemilik usaha kecil melalui Mekar, sebuah platform pinjaman peer-to-peer, Anda akan mendapatkan imbal hasil rata-rata sebesar 10% per tahun yang dibayarkan setiap bulan. Besaran imbal hasil ini sudah jauh lebih besar dibanding bunga deposito bank, yang biasanya berkisar antara 3.6% sampai 6% per tahun atau mungkin sedikit lebih tinggi kalau Anda tak keberatan memarkir uang Anda sebesar Rp 5 miliar lebih di rekening.

Tapi tahukah Anda kalau sesungguhnya Anda bisa mendapatkan jauh lebih besar dari 10% per tahun di Mekar?

Sebagai perusahaan fintech yang berkembang pesat, Mekar selalu berusaha mengedepankan inovasi. Dengan semangat inilah, di awal bulan November lalu Mekar meluncurkan sebuah fitur baru: Reinvest. Dengan menggunakan fitur ini, pemberi pinjaman (atau disebut sebagai funder di Mekar) dapat menghasilkan hingga 17% per tahun.

Pada perkembangannya, fitur terbaru ini ternyata menjadi sangat populer di kalangan para funder Mekar. Baru dua bulan sejak fitur Reinvest ini diluncurkan, namun saat ini sudah lebih dari 50% funder aktif di Mekar yang menggunakan fitur baru ini. Mereka adalah para funder yang ingin mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi namun masih bisa menikmati kenyamanan berinvestasi di pinjaman usaha kecil melalui Mekar, sebuah platform pinjaman P2P yang menawarkan tingkat risiko yang lebih rendah dan jaminan 100% yang melindungi investasi awal mereka.

Jadi bagaimana sebenarnya cara kerja fitur Reinvest?

Bila Anda mengunjungi platform microlending Mekar, Anda akan menjumpai tiga pilihan rencana investasi: Monthly Invest, 12 Months Invest, 18 Months Invest dan 24 Months Invest. Skema Monthly Invest memberikan fleksibilitas paling tinggi; Anda bisa memilih kapan ingin mendanai pinjaman dan berapa banyak pinjaman yang ingin Anda danai. Anda akan menerima pembayaran kembali pokok dan bunga pinjaman secara bulanan.

 

Fitur Reinvest berlaku bila Anda memilih skema 12 Months Invest, 18 Months Invest atau 24 Months Invest. Kedua skema ini mengharuskan Anda menginvestasikan uang Anda sejumlah minimum Rp 30 juta. Mekar bisa memilihkan secara otomatis pinjaman-pinjaman untuk Anda danai atau Anda bisa memilih sendiri secara manual pinjaman-pinjaman yang Anda inginkan sampai total nilai pinjaman mencapai setidaknya Rp 30 juta.

Mekar akan terus-menerus menginvestasikan kembali semua penghasilan Anda dari pembayaran pinjaman yang terjadi setiap bulannya pada pinjaman-pinjaman baru. Platform Mekar akan melakukan hal ini secara otomatis selama periode 12 bulan pada skema 12 Months Invest, atau 18 bulan pada skema 18 Months Invest, maupun 24 bulan pada skema 24 Months Invest. Di akhir periode investasi, Anda akan menerima pembayaran lumsum untuk keseluruhan nilai investasi awal ditambah imbal hasilnya.

Dengan menginvestasikan kembali penghasilan Anda secara terus-menerus pada pinjaman-pinjaman baru, Anda dapat memperbesar imbal hasil yang akan Anda dapatkan seiring waktu. Semakin lama periode investasi Anda, semakin tinggi imbal hasilnya. Pada skema 12 Months Invest, Anda akan mendapatkan imbal hasil sebesar 16% per tahun. Pilih skema 18 Months Invest dan Anda akan mendapatkan imbal hasil yang lebih besar lagi, yaitu sebesar 16.5% per tahun, ataupun Pilih skema 24 Months Invest dan Anda akan mendapatkan imbal hasil yang lebih besar lagi, yaitu sebesar 17% per tahun.

Simak infografik berikut untuk mengetahui cara mendapatkan lebih banyak lagi dari investasi Anda di Mekar dengan menggunakan fitur Reinvest: