Kabar Mekar

THR Bermanfaat: Empat Cara untuk Memanfaatkan THR Anda dengan Baik

Bulan Ramadhan tidak hanya menjanjikan sebuah kesempatan untuk menjadi lebih dekat dengan Tuhan yang Maha Esa atau kesempatan untuk melakukan refleksi spiritual lebih jauh ke dalam diri sendiri. Bagi banyak orang, bulan suci ini juga menjanjikan sebuah berkah finansial dalam bentuk Tunjangan Hari Raya atau THR, yang biasanya keluar setahun sekali.

Besar THR biasanya sama dengan satu bulan gaji pokok ditambah tunjangan tetap dan dibayarkan sekitar dua minggu sebelum hari raya Idul Fitri. Ini berarti kemungkinan besar Anda sudah menerima bonus hari raya yang ditunggu-tunggu ini. THR Anda bisa jadi cukup besar, dan kini mungkin Anda bertanya-tanya apa yang harus Anda lakukan dengan penghasilan tambahan yang berharga ini di tangan Anda.

Tentu Anda bisa menggunakan THR Anda untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran yang terkait dengan aktivitas Ramadhan dan hari raya, seperti misalnya membayar zakat fitrah, atau sebagai bekal mudik keluarga, atau bahkan membeli sebuah baju baru untuk hari besar. Tapi kalau Anda masih memiliki sisa THR setelah membayar semua kebutuhan, apa lagi yang bisa Anda lakukan dengan bonus hari raya Anda agar tetap bermanfaat? Berikut ini beberapa ide cara memanfaatkan THR yang bisa Anda coba.

Jadilah investor yang bertanggung jawab sosial. Investasikan uang Anda pada usaha-usaha yang membawa dampak sosial dan lingkungan yang positif.

1. Berbagi kebahagiaan dengan uang tambahan yang Anda miliki

Sesuai dengan semangat Ramadhan, kenapa tidak gunakan uang tambahan itu untuk menyebarkan kebaikan dan berbagi berkat dengan orang-orang yang membutuhkan? Kunjungilah sebuah panti asuhan dan adakan acara buka puasa bersama dengan anak-anak di sana. Anda juga bisa melakukan hal ini di panti jompo, membawa sedikit kebahagiaan untuk para manula di sana. Hal baik lain yang bisa Anda lakukan dengan THR Anda yaitu membiayai uang sekolah untuk anak yang membutuhkan. Cari satu atau beberapa anak di lingkungan sekitar tempat Anda tinggal yang akan benar-benar tertolong dengan bantuan semacam itu, atau Anda juga bisa menyumbangkan uang Anda lewat website Gerakan Nasional untuk Orang Tua Asuh (GN-OTA). Beberapa LSM, misalnya SOS Children’s Villages Indonesia, juga memiliki program keluarga asuh yang bisa Anda coba.

2. Membayar utang

Jadikan uang THR Anda tahun ini lebih bermanfaat dengan melunasi hutang-hutang Anda. Membebaskan diri dari hutang akan membantu Anda merealisasikan target-target finansial Anda. Prioritaskan untuk melunasi hutang-hutang yang memiliki bunga yang paling tinggi, seperti misalnya hutang kartu kredit yang bunganya bisa mencapai 36% per tahun.

3. Memulai bisnis

Tahun ini bisa menjadi tahun di mana Anda akhirnya mewujudkan mimpi Anda memiliki bisnis sendiri. Uang THR Anda bisa menjadi modal awal yang cukup besar untuk memulai sebuah usaha kecil, seperti misalnya sebuah rumah makan atau toko online, atau mungkin Anda ingin ikut menggeluti bisnis-bisnis yang sedang tren saat ini seperti kedai kopi atau salon cukur yang populer di kalangan para hipster ibukota.

4. Mendukung usaha-usaha kecil di Indonesia

Kalau Anda merasa Anda bukan orang yang tepat untuk menjalankan operasional sehari-hari sebuah bisnis (satu hal yang, terus terang saja, membutuhkan komitmen yang besar), itu tidak berarti Anda selamanya tidak bisa menjadi bagian dari sebuah bisnis. Dengan uang THR Anda, Anda bisa menjadi seorang investor dan mendukung usaha-usaha kecil dengan pembiayaan yang mereka butuhkan. Tahukah Anda bahwa usaha-usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia sebagian besarnya terkendala dalam hal akses ke pembiayaan bank? Platform-platform pinjaman peer-to-peer seperti Mekar menyediakan solusi bagi permasalahan ini. Anda membiayai pinjaman usaha kecil melalui Mekar, membantu usaha-usaha kecil berkembang, dan mendapatkan imbal hasil sebesar rata-rata 10% per tahunnya. Dengan begini, Anda menghasilkan uang sambil membantu orang lain. THR Anda pun jadi sangat bermanfaat.