Kabar Mekar

Butuh Uang untuk Mendanai Usaha Anda? Coba Crowdfunding

Setelah perencanaan dan kerja keras selama bertahun-tahun, seorang wirausahawan muda di Bali akhirnya berhasil meluncurkan bisnis platform paket liburan miliknya. Dia memasang sebuah website yang bagus dan beberapa penyedia jasa tur dan orang-orang yang senang menjadi tour guide pun mulai mengiklankan paket-paket liburan penuh petualangan seru di platform tersebut. Kini, platform yang menjodohkan penyedia paket-paket liburan dengan para pelancong yang haus mengembara itu telah berjalan cukup lama.

Bisnisnya berjalan dengan baik, tapi siapapun tahu bahwa memulai sebuah bisnis hanyalah langkah pertama. Pertanyaan besar dalam benaknya saat ini adalah bagaimana caranya mengembangkan bisnisnya itu. Pertanyaan yang lebih besar lagi: dari mana uangnya?

Kebanyakan pengusaha dihadapkan pada pertanyaan ini setiap saat. Salah satu jawaban yang paling sering terpikir adalah kredit atau pinjaman bank. Sayangnya, banyak usaha kecil yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman bank. Pemilik usaha platform liburan yang tadi diceritakan di atas kini sedang mencari Angel Investor. Sayang, mereka tak selalu mudah didapatkan. Tapi sebenarnya, pemilik usaha kecil sepertinya kini memiliki alternatif lain, sehingga mereka tak selalu harus mengandalkan sumber-sumber pendanaan konvensional.

Teknologi zaman modern mampu membuat manusia jauh lebih dekat dengan satu sama lain dibandingkan sebelumnya. Perusahaan-perusahaan fintech seperti Mekar menggunakan teknologi untuk melakukan yang sama, menyatukan pengusaha dan investor dalam satu platform sehingga keduanya dapat mewujudkan mimpi mereka — membangun sebuah bisnis bagi para pengusaha, dan kebebasan finansial bagi para investor.

Platform pinjaman peer-to-peer Mekar, Mekar.id, adalah sebuah wadah di mana pemilik bisnis dapat menemukan orang-orang yang mau membiayai usahanya. Pemilik usaha mikro dapat memanfaatkan layanan pinjaman mikro dari Mekar, sedangkan pemilik usaha kecil dan menengah dapat menggunakan layanan terbaru Mekar: Crowdfunding.

Crowdfunding dapat menjadi solusi untuk permasalahan pendanaan Anda

Bagi banyak bisnis, terutama yang dianggap tidak bankable atau yang membutuhkan akses cepat ke pemilik modal, crowdfunding dapat menjadi sebuah jalan keluar. Dulu, konsep crowdfunding ini mungkin dikenal dengan istilah “patungan”, atau bahasa gaulnya “kolekan”. Startup fintech di Indonesia kini menawarkan versi modernnya, menggunakan kehebatan internet dan teknologi untuk menarik minat banyak orang agar masing-masing menginvestasikan uangnya pada sebuah bisnis dengan imbalan keuntungan atau manfaat lainnya.

Dengan menggunakan layanan crowdfunding Mekar, yang diluncurkan di awal November, bisnis-bisnis yang telah memproyeksikan akan mengalami pertumbuhan besar dalam waktu dekat dan yang memproduksi produk-produk inovatif dapat menggalang pendanaan mulai Rp 500 juta sampai dengan Rp 2 miliar untuk membiayai produksi atau ekspansi bisnis mereka.

Namun, jangan lupa bahwa uang ini harus dibayarkan kembali kepada para investor (di Mekar disebut juga sebagai funder); bisnis yang melakukan crowdfunding campaign dapat menawarkan sebagian dari hasil penjualan mereka atau pun akses lebih awal untuk memiliki produk mereka kepada para funder yang mendukung campaign-nya.

Crowdfunding di Mekar begitu mudah dan praktis

Kalau Anda belum mengetahui apa itu digital fundraising atau terbiasa mencari pendanaan dengan cara-cara lama, Anda mungkin mengira bahwa crowdfunding itu sulit atau tidak praktis. Justru sebaliknya, crowdfunding membuat usaha penggalangan dana dan juga berinvestasi menjadi tidak merepotkan. Bahkan, kepraktisannyalah yang menarik minat banyak bisnis untuk meluncurkan campaign crowdfunding pertama mereka. Di Mekar, menciptakan campaign Anda sangatlah mudah. Yang harus Anda lakukan adalah mengisi Google form singkat ini.

Setelah proposal Anda disetujui, Mekar akan membuatkan sebuah halaman campaign untuk bisnis Anda. Anda bisa memilih dari dua skema crowdfunding: bagi hasil dan pre-order produk.

Dalam skema bagi hasil, Anda akan membayar kembali para funder yang mendukung campaign Anda secara berkala, jumlahnya ditentukan berdasarkan prosentase tertentu dari hasil penjualan Anda. Sedangkan dalam skema pre-order produk, Anda memberikan produk Anda bagi para funder yang telah memberikan uangnya untuk membantu Anda dalam memproduksi produk tersebut.

 

Setelah halaman campaign Anda ditayangkan di website Mekar, Anda dapat mulai menggalang dana hingga 30 hari berikutnya. Selama periode ini, promosikan dan bagikanlah halaman campaign Anda ke sebanyak mungkin orang sehingga target crowdfunding Anda bisa tercapai.

Jika campaign Anda sukses dan target Anda tercapai, Mekar akan mencairkan dananya dan Anda dapat menggunakannya untuk membiayai produksi atau rencana ekspansi bisnis Anda. Tanggung jawab Anda berikutnya adalah untuk memberikan timbal balik kepada para funder sesuai dengan apa yang Anda tawarkan di campaign bisnis Anda.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang crowdfunding di Mekar? Baca halaman FAQ atau hubungi Mekar di nomer 021 300 22735 atau email crowdfunder@mekar.id untuk bertanya lebih jauh.