Kabar Mekar

Lembaga Keuangan Mikro Bisa Bermitra dengan Mekar Dalam Mendanai UMKM Indonesia

Lembaga keuangan mikro (LKM) memainkan peranan penting dalam mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia. Masih ada begitu banyak masyarakat Indonesia yang tidak terjangkau layanan Bank dan LKM mampu menjangkau mereka. Sayangnya, banyak LKM yang kesulitan mendapatkan sumber pendanaan alternatif yang dapat diandalkan.

Namun kini, dengan perkembangan teknologi yang dapat menghubungkan semua orang, LKM di Indonesia tak perlu lagi menghadapi tantangan semacam itu. Kini, LKM bisa mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan untuk melayani lebih banyak peminjam hanya dengan menjadi mitra Mekar, sebuah platform pinjaman peer to peer yang memfasilitasi penanaman investasi miliaran rupiah tiap bulannya pada pinjaman usaha untuk UMKM Indonesia.

Sebagai Mitra Pemberi Pinjaman atau Lending Partner Mekar, koperasi-koperasi simpan pinjam (KSP) ataupun bank-bank daerah (BPR) akan menikmati akses ke sumber pendanaan yang dapat diandalkan sehingga mereka akan dapat membiayai pinjaman-pinjaman anggota atau nasabah mereka.

Seperti platform P2P lainnya, Mekar menghubungkan investor (disebut juga sebagai “funder”) di seluruh Indonesia dengan peminjam yang membutuhkan dana. Namun, salah satu hal yang membuat Mekar berbeda dari platform lainnya adalah kemitraan Mekar dengan lembaga-lembaga keuangan mikro seperti KSP dan BPR yang memiliki kantor-kantor cabang yang tersebar di banyak daerah di Indonesia. Mekar bekerja sama dengan para Lending Partner dalam mencari peminjam, mengelola pinjaman dan menagih pembayaran pinjaman.

Saat ini, Mekar bermitra dengan dua KSP yang termasuk jajaran koperasi-koperasi terbaik di Indonesia, yaitu Koperasi Mitra Dhuafa dan Koperasi Abdi Kerta Raharja. Sebagai Lending Partner Mekar, kedua koperasi tersebut telah mampu melayani lebih banyak peminjam dan meningkatkan portofolio mereka. Di minggu depan, Mekar juga akan menambah satu Lending Partner baru, yaitu Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah (KUM Syariah). Selain itu, Mekar juga memiliki rencana menjalin kerjasama dengan dua koperasi lainnya, BMT itQan dan KPS Sahabat Mitra Sejati.

Mudah dan Sederhana

Proses yang harus dilalui untuk dapat bekerja sama dengan Mekar sederhana saja karena Mekar tak mensyaratkan Lending Partner menyediakan pinjaman-pinjaman beragunan untuk dapat didanai melalui Mekar. Namun, Lending Partner diharuskan menyediakan jaminan bagi para funder di Mekar untuk pokok pendanaan yang mereka bayarkan untuk mendanai pinjaman.

Mendaftarkan KSP atau BPR yang Anda kelola sebagai Lending Partner Mekar sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengirimkan email berisi detail kontak Anda ke alamat email funder@mekar.id atau isi sebuah Form singkat dengan meng-klik tombol di bawah. Staff Mekar akan menghubungi Anda untuk menjadwalkan pertemuan untuk membahas lebih lanjut mengenai kerjasama antara lembaga Anda dengan Mekar.