Kabar Mekar

5 Alasan Perempuan Lebih Pintar Mengatur Keuangan Dibanding Pria

Tak dapat dipungkiri, uang adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, kamu harus pintar mengatur keuangan agar gajimu tidak habis begitu saja. Kalau kamu adalah seorang perempuan, kamu beruntung. Konon, perempuan lebih pintar mengatur keuangan dibanding pria. Sudah banyak sudut pandang — dan sedikitnya satu penelitian, yang membenarkan hal ini. Apa alasannya? Simak ulasan berikut yang ditulis oleh Woop.id untuk MEKAR tentang kenapa perempuan sesungguhnya lebih pintar mengatur uang dibanding pria.

Baca juga: Dear Perempuan, Berhentilah Melakukan Kesalahan Finansial Ini

1. Teliti dalam banyak hal, termasuk soal uang

Faktanya, perempuan memperhatikan suatu hal secara lebih detail, terorganisir dan teliti dibandingkan pria. Banyak perempuan juga memiliki sifat yang perfeksionis, termasuk dalam hal keuangan. Teliti dan cermat akan uang menjadi salah satu kekuatan utama perempuan dalam menyusun anggaran dan pengelolaan uang, itulah salah satu alasan kenapa perempuan lebih cakap dalam mengatur uang dibanding pria.

2. Berpikir ke depan

Perempuan biasanya berpikir panjang dan memiliki rencana-rencana masa depan. Karena itu, seorang perempuan lebih memperhatikan dan mempersiapkan dana untuk rencana-rencana tersebut dengan semaksimal mungkin. Perempuan juga cenderung memiliki tujuan keuangan jangka panjang untuk kepentingan keluarga.

Video: Perempuan Bicara tentang Uang dan Pasangan

3. Terbuka akan bantuan orang lain

Berdasarkan penelitian, tujuh dari 10 perempuan percaya bahwa financial planner membantu mereka dalam mengelola keuangan di luar yang dapat mereka lakukan sendiri. Selain itu, mereka juga percaya bahwa financial planner akan membantu mereka dalam mengatur keuangan, menyusun anggaran jangka panjang dan memilih investasi yang tepat hingga merencanakan tabungan setelah pensiun. Hal ini membuat perempuan lebih bisa membuka diri untuk menerima saran dan bantuan dari orang lain seperti financial planner.

4. Tidak sekompetitif pria

Pria lebih sering menghadapi situasi yang mengharuskan mereka bersaing dengan yang lainnya, sehingga akan menyeret mereka pada situasi yang tidak menguntungkan secara ekonomi. Sedangkan, perempuan tidak terlalu peduli akan persaingan apalagi dalam hal mengatur keuangan.

5. Mampu berinvestasi dengan baik

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perempuan adalah investor yang lebih baik dari pria. Selain itu, perempuan juga lebih memperhatikan dan memilih investasi dengan keuntungan jangka panjang. Hal ini penting mengingat melakukan investasi sejak dini sangatlah diperlukan, karena bisa memberikan banyak manfaat untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Ingin membaca artikel tentang perempuan lebih lengkap? Cari tahu di woop.id.