Kabar Mekar

Tingkatkan Pembiayaan Mikro bagi UMKM, Abdi Kerta Raharja Bermitra dengan Mekar

Koperasi Abdi Kerta Raharja telah mengambil sebuah langkah penting untuk memanfaatkan potensi besar teknologi finansial dan kini bekerja sama dengan Mekar (PT Sampoerna Wirausaha) dengan menjadi mitra pemberi pinjaman (lending partner). Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan secara signifikan akses pembiayaan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Indonesia saat ini memiliki 58 juta UMKM. Sektor ini memberikan kontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB), yaitu sebesar 60%, berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Namun sayangnya, sebagian besar UMKM di Indonesia masih terkendala dalam hal akses ke pembiayaan.

Mekar memberikan solusi bagi masalah ini dengan mengembangkan sebuah platform pinjaman peer-to-peer yang inovatif, menggunakan teknologi untuk menghubungkan UMKM yang membutuhkan pembiayaan dengan investor yang menginginkan alternatif investasi yang mudah dijalankan, aman dan menguntungkan. Mekar menggunakan sebuah platform online, Mekar.id, yang bisa diakses oleh siapa saja yang ingin membiayai pinjaman usaha kecil dan menghasilkan return rata-rata 10 persen per tahun, lebih besar dari bunga tabungan di bank.

Abdi Kerta kini telah tergabung dalam daftar lembaga terpilih yang menjadi lending partner Mekar, mengikuti jejak koperasi-koperasi terkemuka lainnya seperti Koperasi Mitra Dhuafa (Komida), Maestro dan Sahabat Mitra Sejati. Sebagai lending partner di Mekar, Abdi Kerta akan menyeleksi peminjam-peminjamnya untuk ditampilkan secara online di Mekar.id. Investor dapat membiayai pinjaman usaha kecil mereka, cukup dengan mendaftarkan diri di website Mekar tersebut.

Nasabah Koperasi Abdi Kertaraharja

Abdi Kerta juga akan memberikan jaminan perlindungan 100% atas investasi awal yang dikucurkan oleh investor. Sebagai lending partner, koperasi ini bertanggungjawab menagih pengembalian pinjaman dari peminjam dan membayar kembali pada investor. Abdi Kerta sangat baik dalam hal ini, terbukti dari 99.4% peminjam mereka selalu membayar kembali pinjamannya secara tepat waktu.

Dengan kerjasama ini, Abdi Kerta akan bisa memanfaatkan kepiawaian teknologi yang dimiliki oleh Mekar dan dapat secara cepat membiayai pinjaman-pinjaman usaha kecil anggotanya dengan mendapatkan pembiayaan dari lebih dari seratus orang investor yang terdaftar di Mekar. Di lain pihak, para investor di Mekar akan mendapatkan lebih banyak pilihan dan variasi pinjaman yang bisa dipilih dengan adanya pinjaman-pinjaman usaha kecil dari Abdi Kerta sehingga mereka dapat mendiversifikasi investasi mereka.

Sebagai sebuah perusahaan pinjaman peer-to-peer, Mekar akan dapat menyasar jaringan UMKM yang lebih besar melalui kerjasama dengan Abdi Kerta yang memiliki lebih dari 56.000 anggota, dengan 17.000 di antaranya adalah peminjam mikro kredit.

Koperasi Abdi Kerta Raharja didirikan pada 2009 dan berlokasi di Kabupaten Tangerang, Banten. Hingga Desember 2016, koperasi ini telah memberikan pinjaman sebesar lebih dari Rp 25 miliar. Angka NPL (non-performing loans) di koperasi ini sangat rendah, yaitu sebesar 0.57%.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Mekar.id dan koperasi.abdikertaraharja.co.id.