Kabar Mekar

6 Cara Merayakan Hari Perempuan Internasional Yang Bisa Membuatmu Terinspirasi

Diperingati setiap tanggal 8 Maret, Hari Perempuan Internasional adalah hari di mana kita merayakan pencapaian dan kontribusi perempuan di seluruh dunia.

Inilah 6 cara merayakan hari penting ini yang bisa membuat kamu terinspirasi.

1. Dukung Sesama Perempuan

Salah satu cara terbaik untuk merayakan perempuan adalah dengan mendukung mereka. Dengan mendukung sesama perempuan, kamu membantu mereka berdaya sehingga mereka pun bisa menjadi perempuan yang independen dan mungkin suatu hari dapat membawa manfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Cara mudah untuk melakukan ini yaitu dengan mendanai usaha kecil yang dimiliki oleh perempuan melalui platform MEKAR. MEKAR adalah sebuah platform online yang menawarkan kesempatan untuk kamu mendanai pinjaman usaha kecil. Sekitar 95% peminjam di MEKAR adalah perempuan. Banyak di antara mereka yang menjalankan usaha warung atau kedai makan kecil-kecilan, sebagian lainnya adalah petani atau perajin; mereka semua memiliki atau menjalankan usaha mikro di sektor informal di berbagai desa dan kota di Indonesia.

Hanya dengan Rp 100.000 saja, kamu sudah bisa mendanai pinjaman usaha kecil via MEKAR. Tentunya ini adalah cara yang sangat baik untuk mendukung perempuan Indonesia dan menciptakan dampak sosial yang positif. Manfaat lainnya, pendanaanmu akan menghasilkan return yang lebih tinggi dibandingkan bunga deposito di kebanyakan bank, yaitu mulai 7,18% flat per tahun.

2. Rayakan Kekuatan Perempuan Dalam Film

Merayakan momen spesial dengan mengadakan movie night juga bisa jadi pilihan. Dengan menonton film bersama-sama keluarga atau teman-teman tentu bisa semakin mempererat hubungan kita. Jadi, ajak sahabatmu, geng kantor, atau si dia untuk menghabiskan malam di akhir minggu ini dengan menonton film-film keren yang bercerita tentang perempuan (atau yang disutradarai oleh sutradara perempuan Indonesia hebat) berikut ini:

3. Nikmati Girls’ night out di bar feminis pertama di Jakarta

Nikmati malam dengan musik dan koktail yang bisa membuatmu merasa jadi perempuan tangguh di Bar Gina di kawasan Senopati, Jakarta Selatan. Bar yang bertema feminis ini menawarkan berbagai koktail bernama seru seperti misalnya “Unapologetic”, “Between Moods”, dan “Konnichiwa Bitches”. Untuk melengkapi minumanmu, bar ini juga menyediakan sesi live music setiap Rabu malam sampai dengan Sabtu malam. Ingin melepas stress? Tunjukkan bakat menyanyimu yang selama ini kamu asah di Smule dengan menyanyi bersama band yang sedang bermain di atas panggung. Ini baru cara asik merayakan keperempuananmu!

4. Baca Buku Yang Ditulis oleh Perempuan

Setelah malam yang melelahkan, dapatkan ketenangan dengan membaca buku bagus di akhir minggu. Lihat daftar bacaan keren berikut yang ditulis oleh penulis perempuan Indonesia.

5. Buat Dirimu Terkagum-Kagum oleh Karya Seniman Perempuan

Dunia seni Indonesia sungguh kaya dengan seniman-seniman perempuan yang sangat berbakat dan 21 orang di antaranya kini sedang menjadi fokus dari sebuah pameran yang diadakan di Galeri Nasional. Dibuka sampai tanggal 16 Maret, pameran “Into the Future” menampilkan kekuatan dari persepsi perempuan. Perkaya pengetahuan seni budayamu dengan mengunjungi pameran ini dan menikmati karya-karya seniman-seniman perempuan Indonesia, termasuk di antaranya Natasha Gabriella Tontey, Ayu Arista Murti, Cecilia Patricia Untario, Kinez Riza, dan Syagini Ratna Wulan.

6. Beri Donasi ke Organisasi Yang Memberdayakan Perempuan

Satu dari tiga perempuan di Indonesia pernah mengalami kekerasan dalam hidupnya. Bahkan, Indonesia merupakan dua teratas dalam daftar negara paling berbahaya untuk perempuan di  kawasan Asia Pasifik, menurut sebuah studi dari perusahaan riset asal Singapura, ValueChampion.

Menyelamatkan diri dari kekerasan domestik tidaklah mudah. Para perempuan dalam keadaan seperti ini umumnya akan mencari perlindungan di rumah-rumah singgah yang dikelola oleh berbagai organisasi nirlaba, namun banyak rumah-rumah singgah tersebut yang sangat membutuhkan dukungan finansial untuk terus beroperasi. Di sinilah kamu bisa berperan.

Kamu bisa membantu para perempuan penyintas kekerasan rumah tangga dengan cara berdonasi ke rumah-rumah singgah seperti misalnya yang dikelola oleh Yayasan Pulih, Savy Amira Women’s Crisis Centre, atau Yayasan Lentera Sintas Indonesia.

Selain itu, ada juga organisasi-organisasi yang fokus pada pemberdayaan perempuan yang juga membuka kesempatan berdonasi, misalnya Perempuan Peduli Keadilan dan Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak.

Baca juga: Kartini masa kini: Perempuan bicara tentang uang dan pasangan