Kabar Mekar

Tahun yang Baru, Anda yang Baru: 4 Tips Untuk Mewujudkan Resolusi

Tahun yang baru akhirnya datang juga. Kalau Anda masih terbawa suasana liburan akhir tahun kemarin dan merasa sulit mengembalikan lagi fokus Anda ke pekerjaan, mungkin ada baiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk berhenti sejenak, mengambil napas panjang dan mengingat kembali resolusi tahun baru dan semua yang ingin Anda capai tahun ini. Ini bisa membantu Anda untuk kembali fokus.

Ketika menyusun resolusi tahun baru, kebanyakan dari kita ingin menjadi seseorang yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, mungkin dengan lebih sering pergi ke pusat kebugaran, membaca lebih banyak buku, atau melakukan lebih banyak kebaikan dan menolong lebih banyak orang. Beberapa resolusi mungkin juga bersifat finansial, misalnya lebih banyak menabung atau berinvestasi untuk tabungan pensiun di masa depan.

Apapun target Anda untuk tahun ini, tentu yang lebih penting adalah ketekunan kita dalam mencapainya. Yang sering kali terjadi justru — walaupun kita sudah menyusun daftar panjang resolusi kita sejak pagi pertama di tahun baru, baru sampai pertengahan Januari saja kita sudah kehabisan tekad untuk merealisasikannya.

Kalau skenario di atas terdengar familiar dan kalau Anda termasuk salah satu yang sudah mulai kewalahan mewujudkan resolusi Anda meskipun saat ini masih awal tahun, berikut beberapa tips untuk membantu Anda kembali bersemangat:

Kaji ulang target-target Anda dan buatlah target baru yang realistis

Kalau Anda tidak biasa membaca dengan cepat, menargetkan membaca tiga-empat buku sebulan mungkin akan terlalu sulit untuk Anda. Satu atau dua buku bisa jadi target yang lebih realistis.

Mulai sedikit demi sedikit

Mungkin tahun ini Anda ingin menabung sekian puluh juta untuk tabungan hari tua. Memulainya sedikit demi sedikit bisa membantu Anda meraih target. Ini berlaku juga untuk investasi. Zaman sekarang, Anda bisa menemukan banyak peluang investasi online yang tidak membutuhkan modal besar. Contohnya di Mekar, Anda bisa mulai berinvestasi cukup dengan Rp 1 juta saja. Seiring waktu, Anda bisa berinvestasi lebih banyak agar Anda dapat mewujudkan target penghasilan dari investasi yang telah Anda buat di awal tahun.

Buat catatan

Riset menunjukkan bahwa seseorang berpeluang lebih tinggi untuk mewujudkan resolusinya kalau ia memonitor perkembangannya secara reguler. Anda bisa menggunakan aplikasi di smartphone Anda atau sebuah jurnal untuk mencatat kemajuan harian maupun mingguan dalam usaha Anda meraih target-target Anda.

Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Anda melewatkan jadwal ke gym hari ini? Tidak masalah. Jangan mengkritik diri Anda dengan terlalu berlebihan karena kegagalan kecil Anda. Yang harus Anda lakukan justru memotivasi lagi diri Anda untuk terus berusaha meraih semua target Anda, juga ingatlah untuk memberi selamat dan memberi reward untuk diri sendiri saat berikutnya Anda mengunjungi gym lagi.