Kabar Mekar

4 ‘Jurus’ untuk Merdeka Finansial agar Masa Depan Cerah

Artikel ini ditulis oleh Woop.id untuk MEKAR

Apakah kamu sudah merasa merdeka? Yep, merdeka bukan hanya bebas dari penjajahan saja, melainkan kita bisa hidup dengan bebas tanpa kekurangan satu apapun. Salah satunya adalah merdeka dalam hal finansial. Perlu diketahui olehmu bahwa merdeka finansial menjadi suatu hal yang penting untuk hidupmu. Siapa sih yang tidak ingin merdeka secara finansial? Semua orang pasti menginginkannya.

Apakah kamu tahu arti sebenarnya dari merdeka finansial? Biasanya, kebanyakan dari kita memiliki arti yang berbeda satu sama lain. Padahal merdeka finansial dapat diartikan dengan terbebasnya hidup kita dari jeratan utang, kemampuan mengatur keuangan dengan benar, dan memiliki keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. Akan tetapi, tidak semua orang berpikir dan memiliki pendapat yang sama dengan kita. Ada juga yang bilang bahwa merdeka finansial adalah cara kita menikmati hasil dari investasi yang sudah ditanamkan selama ini—jadi tidak perlu kerja keras lagi.

Namun, hidup tidak segampang membalikkan telapak tangan. Selalu saja ada masalah yang kita hadapi seperti persoalan utang, sering merasa gaji yang diterima selalu kurang, dan investasi yang gagal. Jika hal itu yang kamu alami berarti kamu belum merdeka secara finansial. Duh!

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk merdeka secara finansial?

Tentunya, ada beberapa cara untuk mencapai merdeka secara finansial tapi hal itu membutuhkan komitmen, disiplin, dan konsistensi yang harus kamu jalankan dengan serius. Karena tanpa hal tersebut, kemerdekaan finansial hanya akan menjadi sebuah angan-angan yang tidak pernah terwujud. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan beberapa cara ini:

Lunasi Semua Utang!

Pernah berutang atau sedang memiliki utang? Yep, cobalah mulai sekarang untuk melunasi semua utangmu! Karena utang akan membuat hidupmu tidak akan tenang. Meskipun utang itu digunakan untuk kegiatan ataupun modal usaha, tapi utang tetaplah utang yang harus segera dibayar. Jika kamu tidak bisa melunasi semua utangmu, kamu bisa mencicilnya hingga lunas. Meski terasa berat, tapi kalau dilakukan secara disiplin, pelan-pelan kamu akan terbebas dari jeratan utang.

Jangan Lupa untuk Melindungi Aset Berhargamu

Untuk merdeka secara finansial, cobalah sekarang untuk menyusun daftar aset-aset berharga milikmu seperti rumah, mobil, motor, dan lainnya. Termasuk juga kesehatan kamu dan keluarga. Jangan lupa untuk melindungi aset berharga tersebut dari berbagai risiko yang kemungkinan dapat terjadi sewaktu-waktu. Misalnya dengan membeli asuransi kesehatan dan asuransi jiwa untuk pribadi kamu dan keluarga dan juga asuransi mobil atau motor. Gunakan 20% dari gaji atau pendapatan yang kamu punya. Pilih produk asuransi yang menawarkan fitur atau manfaat sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan kamu.

Jangan Lupa Berinvestasi

Tidak hanya menabung, berinvestasi juga sangat penting untuk masa depanmu. Investasi memiliki peranan penting dalam kemerdekaan finansial hidup seseorang. Kamu bisa memilih banyak investasi yang pas untukmu, misalnya saja deposito, reksa dana, saham, peer to peer lending, sampai investasi emas. Pilih produk investasi jangka panjang yang sesuai dengan profil risiko kamu, apakah kamu termasuk orang yang berani mengambil risiko tinggi atau tidak. Dengan berinvestasi, kamu akan dapat menikmati hasilnya di masa depan.

Sisihkan Uang untuk Dana Darurat

Tidak ada yang akan tahu kapan musibah itu datang. Oleh karena itu, cobalah untuk menyisihkan beberapa persen uang untuk dana darurat. Jangan lupa untuk selalu memasukan beberapa anggaran ke dalam pos pengeluaran masa depan sebesar 20% dari gaji atau pendapatan yang kamu miliki. Perlu diketahui, jumlah dana darurat paling aman yaitu sebanyak tiga sampai enam kali dari pengeluaran bulanan. Dengan memiliki dana darurat yang lengkap, maka kehidupan finansialmu di masa depan akan merdeka

Untuk kamu yang ingin membaca artikel tentang kehidupan seputar perempuan kamu bisa baca di Woop.id!