Kabar Mekar

2019: Tahun Penuh Pencapaian, Pertumbuhan, dan Dampak Sosial

Tahun 2019 adalah tahun yang luar biasa untuk MEKAR. Di tahun lalu, kami menyambut 11 Mitra Penyalur Pinjaman baru untuk membantu kami menyalurkan lebih banyak pinjaman UMKM. Di tahun 2019, kami juga mendapatkan berbagai pengakuan dan penghargaan, termasuk memenangkan penghargaan Platform P2P Terbaik di Indonesia.

Yuk, lihat pencapaian kami di tahun 2019.

MEKAR menambahkan fasilitas asuransi kredit yang melindungi hingga 80% dari pokok pendanaanmu

Mei s.d. Juli

Di awal 2019, kami bekerja keras mengembangkan sebuah fasilitas yang menawarkan para lender kami kenyamanan lebih saat mendanai pinjaman UMKM via platform MEKAR. Fasilitas asuransi kredit diluncurkan di bulan Juni 2019 dan melindungi hingga 80% nilai pokok pendanaan untuk pinjaman-pinjaman yang berasal dari Mitra Penyalur Pinjaman dengan tingkat risiko lebih tinggi. Baca lebih lanjut tentang asuransi kredit di sini.

Pada periode ini, kami juga menambahkan tiga Mitra Penyalur Pinjaman baru pada platform kami. Mitra Penyalur Pinjaman adalah lembaga-lembaga keuangan mikro yang membantu MEKAR dalam mencari dan menyeleksi peminjam, menyalurkan pinjaman, serta menagihkan pembayaran pinjaman. Ketiga koperasi yang bergabung menjadi mitra yaitu Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sila Mukti, KSP Tanaoba Lais Manekat (TLM), dan KSP KUD Mintorogo. Mintorogo memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di Jawa Tengah. Sedangkan Sila Mukti beroperasi di Bali dan TLM melayani peminjam di Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, dan Bali.

Plakat penghargaan The Best P2P Platform in Indonesia yang dimenangkan oleh MEKAR.

Agustus

Sebuah kebanggaan bagi kami untuk menerima penghargaan The Best P2P Platform in Indonesia pada Global Wealth and Society Awards 2019, yang diselenggarakan oleh The Asian Banker. Penghargaan berskala internasional ini menjadi bukti teguhnya komitmen MEKAR dalam meningkatkan akses pembiayaan bagi pelaku UMKM di negara kepulauan Indonesia.

September

Di bulan September 2019, sebuah pengakuan datang dari Angel Investor Network Indonesia (ANGIN) untuk co-founder Mekar, Thierry Sanders. Dalam laporannya, ANGIN mengakui Thierry sebagai salah satu pengusaha dengan kontribusi tinggi dalam perkembangan kewirausahaan sosial dan investasi berdampak di Indonesia.

Unduh Laporan Lengkapnya

 

MEKAR kini tersertifikasi ISO 27001

Di bulan yang sama, tiga KSP lainnya bergabung sebagai Mitra Penyalur Pinjaman di MEKAR. Mereka adalah KSP Dwi Tunggal, KSP Graha Mandiri, dan KSP Artha MAJ.

Menutup bulan September dengan gemilang, MEKAR mendapatkan Sertifikasi ISO 27001 untuk sistem manajemen keamanan informasi kami. Sertifikasi ISO 27001 yang diperoleh MEKAR menjadi bukti bahwa perusahaan kami selalu berusaha untuk mematuhi pedoman dan best practices yang diakui secara internasional dalam manajemen dan perlindungan data pengguna layanan kami.

 

Top10Asia.org memasukkan MEKAR dalam daftar 10 Platform Crowdfunding Terbaik di Indonesia

Oktober

Top10Asia.org mengukuhkan MEKAR sebagai salah satu dari 10 Platform Crowdfunding Teratas di Indonesia, menambah satu lagi pengakuan untuk MEKAR.

Kami juga menambahkan satu lagi koperasi, KSP Mekarsari, sebagai Mitra Penyalur Pinjaman di bulan Oktober tahun lalu.

November

Di bulan November 2019, MEKAR menggandeng Koperasi Natai Pelingkau dan CU Melania sebagai Mitra Penyalur Pinjaman.

 

MEKAR resmi mendapatkan izin usaha penyelenggara layanan P2P lending dari OJK

Desember

Dua koperasi lainnya, Koperasi Guna Wana Sejahtera dan Koperasi Jorong Rayo, bergabung sebagai Mitra Penyalur Pinjaman MEKAR di bulan Desember, sehingga kini kami memiliki 15 Mitra Penyalur Pinjaman.

Di penghujung tahun, tim kecil kami mendapatkan hadiah akhir tahun yang istimewa. MEKAR resmi mendapatkan tanda berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Surat tanda berizin nomor KEP-127/D.05/2019 yang dikeluarkan oleh OJK untuk MEKAR pada 18 Desember 2019 menjadi penutup tahun yang manis bagi kita semua di MEKAR.

Selain itu, yang melengkapi kegembiraan kami yaitu mengetahui bahwa kami juga telah memperluas dampak sosial yang kami ciptakan di tahun 2019 dengan menjangkau pelaku usaha mikro di lebih banyak kota dan desa dibandingkan di tahun 2018. Tahun 2019 lalu, kami memfasilitasi pendanaan pinjaman usaha untuk UMKM di 139 kota dan kabupaten di 17 provinsi di Indonesia.

 

Inilah statistik kami sejauh ini: